300 Hektar Sawah Siap Tanam di Pekaitan Kekeringan

Jumat, 02 Agustus 2013

ilustrasi

BAGANSIAPIAPI - Sekitar 300 hektar sawah petani di Kecamatan Pekaitan, yang terdiri dari Kepenghuluan Rokan Baru, Kepenghuluan Rokan Baru Pesisir dan Kepenghuluan Suak Temenggung, kekeringa. Padahal, para petani sudah selesai melakukan penanaman. Namun sayangnya, benih padi yang ditanam itu terancam mati akibat musim kemarau panjang saat ini.

"Kita memiliki daerah sentra produksi padi sebanyak 9 daerah. Yakni Kepenghuluan Rokan Baru, Kepenghuluan Rokan Baru Pesisir, Kepenghuluan Suak Temenggung, Kepenghuluan Pedamaran, Kepenghuluan Karya Mulyo Sari, Kepenghuluan Suak Air Hitam, Kepenghuluan Sei Besar, Kepenghuluan Pekaitan dan Kepenghuluan Kubu I. Namun akibat musim kemarau seperti ini, 3 kepenghuluan yang sudah tanam, benih padinya terancam mati akibat kemarau, jumlahnya pun mencapai 300 hektar, papar plt Camat Pekaitan, Taryono, Kamis (1/8).

Hanya saja, padi yang telah ditanam di 3 kepenghuluan itu, tambah Taryono, setidaknya telah menemukan hambatan dan kendala. Salah satu diantaranya yakni menyangkut dengan soal ketersediaan air. "Sebagai sistim tadah hujan, maka irigasi pengairannya bersumberkan dari hujan. Artinya, kalau hujan tidak turun-turun, maka lahan itu bisa mengalami kekeringan. Kondisi seperti itulah setidaknya sedang dihadapi di tiga daerah sentra produksi itu. Dimana, lahan pertanian di tiga daerah sentra yang sudah ditanami padi telah mengalami kekeringan lantaran hujan belum turun," jelasnya.

Sementara, bila kondisi musim kemarau berlangsung lama, maka dikuatirkan benih padi yang telah ditanam di atas lahan seluas 300 hektare bisa mengalami kerusakan. Dengan kondisi tanaman yang telah tersebut, dikuatirkan mengalami gagal panen.

"Tahun 2012 lalu, kita sudah mengusulkan program pembangunan irigasi pengairan kepada pihak Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Rohil. Malahan, tim turun ke lapangan untuk melakukan survai dan kajian. Namun sampai saat ini, kondisinya masih belum terealisasi. Kita bersama masyarakat sangat mengharapkan agar program pembangunan irigasi pengairan ini dapat segera direalisasikan. Karena, daerah kita ini termasuk daerah sentra produksi bagi Kabupaten Rohil," harapnya. (rep1)