TNI Merangsek Masuk, Ini Situasi Terakhir di Dalam LP Tanjung Gusta

Sabtu, 13 Juli 2013

Medan - Aparat akhirnya bisa menembus LP Tanjung Gusta. Napi langsung riuh. Tapi tak ada lagi aksi anarkis seperti sebelumnya.

Sekitar pukul 10.00 WIB, Jumat (12/7/2013), ratusan personel TNI menerobos LP melalui pintu utama yang terbakar. Mereka membawa tongkat dan tameng demi mengawal petugas LP membersihkan sisa-sisa kerusuhan.

Sejumlah napi tampak berkerumun. Sebagian di antaranya bertelanjang dada. Ada sebuah poster yang bertuliskan protes terhadap PP 99 tahun 2012 tentang pembebasan bersyarat bagi para napi. Dalam PP ini disebutkan napi korupsi, narkoba dan terorisme dan illegal logging tidak diberi remisi.

Tak ada teriakan dari napi. Juga dari aparat. Para napi hanya mengawasi aktivitas aparat. Sebagian di antaranya berbincang dengan temannya.

Kondisi di dalam LP tidak rusak. Kayu dan batu tampak di beberapa titik. Dengan menggunakan gerobak, petugas membawa barang-barang yang digunakan napi melawan petugas semalaman itu ke dekat parkiran LP.

Sebelumnya, aparat sama sekali tidak bisa masuk LP. Napi sempat menolak kehadiran polisi. Namun hingga saat ini polisi tetap bersiaga di dekat LP. Dilansir detik.com.(rep2)