3 Calon Anggota DPD RI Gugur

Selasa, 09 Juli 2013

PEKANBARU-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau menyatakan tiga orang calon DPD RI yang tidak lulus verifikasi faktual. Ketiga calon ini gugur dari 28 calon yang diverifikasi.

"Ketiga nama tersebut yakni, Azwar Noer, Santoso dan Suhadi," kata ketua KPU Riau Edi Sabli Senin (8/7).

Dikatakan KPU Riau, nama yang sudah lulus verifikasi tersebut akan diserahkan kepada KPU RI pusat. Setelah itu KPU Riau  akan menyusun dan menetapkan Daftar Calon Sementara (DCS) anggota DPD RI yang dilaksanakan pada 17-23 Juli dan akan diumumkan pada 24-26 Juli 2013.

Di samping itu, masyarakat akan diberikan kesempatan untuk mengajukan masukan dan tanggapan terhadap DCS itu, yang di mulai pada tanggal 25 Juli sampai 5 Agustus. "Setelah itu, KPU akan mengundang sekaligus meminta klarifikasi kepada calon anggota DPD RI, yang dilaksanakan pada tanggal 6 sampai 12 Agustus,"ungkapnya.

Selanjutnya, masing-masing calon anggota DPD RI itu akan diberikan waktu untuk memberikan klarifikasi kepada KPU tanggal 13 sampai 19 Agustus. “Nanti KPU akan menyusun dan menetapkan DCT anggota DPD, yang dimulai pada tanggal 20 sampai 28 Agustus serta mengumumkan DCT anggota DPD RI tanggal 29 sampai 31 Agustus,'' tutupnya.

Adapun 25 nama calon DPD RI yakni, Abdul Gafar Usman, Instiawati Ayus, Afri, Maimanah Umah, Ribhan Dwi Jayana, Zulkarnain Nurdin, Ilyas Labay, Mohammad Alwi Arifin, Agustian Rasmanto, Muhammad Muzamil, Khairudin, Narlis,Iwa Sirwani Bibra, Taufik Ikram Jamil, Said Zohrin, Arsadianto Rachman, Wan Abu Bakar, Desmianto, Zulhusni Domo, Sudarmo Hasan, Susilo, Rosti Uli Purba, Nawasir Kadir, Amril Piliang, Sutrisno. (rep05)