Paripurna Istimewa Peringati HUT Rohil ke-22 Bahas Berbagai Isu Persoalan

Senin, 04 Oktober 2021

ROHIL - DPRD Rohil Menggelar rapat paripurna istimewa dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kabupaten Rokan Hilir Yang Ke 22 Tahun 2021, Rapat paripurna dilaksanakan di Ruang Sidang Utama Gedung DPRD Rohil Jalan Lintas Pesisir Sungai Rokan, Senin(4/10/2021).

Rapat Paripurna DPRD tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Rohil Maston Didampingi Wakil Ketua I Abdullah, Wakil Ketua II Basiran Nur Efendi SE, Wakil Ketua III Hamzah,  Sekretaris DPRD Rohil Sharman Syahroni ST, dan  Anggota DPRD Rohil.

Dalam sambutannya Bupati Rohil Afrizal menyebutkan sebagai bangsa yang bermartabat, serta masyarakat yang berbudaya, memperingati lahirnya suatu peristiwa haruslah dilihat, dikaji dan dicermati dari berbagai aspek, Karena dalam proses dan perjalanan peristiwa itu banyak terkandung pesan dan  mempunyai makna dan nilai-nilai moral, yang patut dipahami, sekaligus menjadi pelajaran dan pengalaman bagi kita, khususnya bagi generasi muda sebagai penerus perjuangan bangsa dan pembangunan Rokan Hilir kedepan.

Oleh karena itulah, prakarsa dan inisiatif yang terhormat Para Anggota Dewan Kabupaten Rokan Hilir, dalam menggelar sidang paripurna istimewa ini, patut kita hargai, dan mudah-mudahan tradisi tahunan ini memberikan makna positif dalam Pembangunan Rokan Hilir yang telah dan sedang  kita laksanakan serta  pembangunan Rokan Hilir kedepan.

"Perlu rasanya kita  cermati kembali, bahwa hakikat dari semangat perjuangan dalam  pembentukan Kabupaten Rokan Hilir, yang  melalui  proses panjang dan berliku serta memerlukan berbagai pengorbanan, sesungguhnya tidaklah hanya bertujuan memisahkan diri dari Pemerintahan Kabupaten Bengkalis," Kata Bupati Rohil.

Namun terbentuknya struktur Pemerintahan baru, yang saat ini bernama Kabupaten Rokan Hilir, tentunya hendaklah dapat kita pastikan, selain memperpendek rentang kendali  (Spand Of Controle), terciptanya optimalisasi akses pelayanan Pemerintah dan lebih mempercepat pelaksanaan pembangunan dalam mensejahterakan masyarakat, haruslah menjadi perhatian kita bersama.

Sebagai penerus perjuangan bangsa, dan pembangunan Rokan Hilir, hendaknya  menjadikan nilai-nilai dan semangat dari suatu perjuangan tersebut, sebagai motivasi dan orientasi kita didalam melaksanakan pembangunan.

Sejalan dengan nilai dan semangat tersebut diatas, maka Tema yang diusung pada Peringatan Hari Jadi Kabupaten Rokan Hilir Ke 22 tahun 2021 ini, adalah;  

“melalui tema HUT Rohil ke 22 yakni 'Bekerja Bersama, Untuk Rokan Hir Yang Lebih Baik' diharapkan  dapat menggugah kita, untuk dapat melahirkan  jiwa dan semangat baru, dalam melaksanakan pembangunan, guna terwujudnya Daerah  dan  masyarakat Kabupaten Rokan Hilir yang lebih maju dan sejahtera," ungkapnya.

Lebih lanjut, Bupati Rohil atau yang akrab disapa Afrizal Sintong  juga menyebutkan Kabupaten Rohil yang terdiri dari 18 Kecamatan dan 194 Kepenghuluan dan Kelurahan masih dihadapkan dengan berbagai permasalahan pokok yang menjadi tantangan dalam pembangunan kedepan.

"Masih Terbatasnya Infrastruktur, yang saat ini belum sepenuhnya menjangkau berbagai wilayah, terutama pada koridor pesisir. Sehingga untuk menjangkau wilayah tersebut masih harus menggunakan sarana transportasi laut, yang tergantung dengan kondisi alam," jelasnya.
 
"Masih rendahnya Kualitas Sumber Daya Manusia, dikerenakan masih kurang tenaga guru, dan penyebarannya yang relatif belum merata," sambungnya.

Tak hanya menyoal tentang infrastruktur dan Kualitas SDM ternyata Rohil juga dihadapkan dengan Masih rendahnya derajat kesehatan dan kualitas hidup masyarakat. dan Angka Penduduk Miskin yang relatif masih tinggi, terutama masyarakat yang bermukim di pesisir pantai Sungai rokan dan Selat Malaka. dan Belum Optimalnya Penyelenggaraan Tata Kelola Pemerintahan yang baik, Efektif dan Efesien.

"Kita menyadari, bahwa pelaksanaan Desentrilisasi yang seyogyanya memberikan peluang lebih bagi Daerah, dalam melakukan peran dan fungsi otonomi untuk menggerakkan akselerasi pembangunan Daerah, baik dari aspek strategi kebijakan maupun aspek finansial belum sepenuhnya berjalan sesuai  dengan apa yang kita harapkan," pungkasnya.

"Akhirnya, kepada masyarakat Rokan Hilir, saya mengucapkan Selamat Hari Jadi Ke 22 Kabupaten Rokan Hilir, Dengan iringan do’a dan harapan semoga masyarakat di Kabupaten Rokan Hilir merasakan makna yang mendalam dengan berdirinya Kabupaten Rokan Hilir. dan Kepada Pimpinan DPRD dan Anggota DPRD Kabupaten Rokan Hilir, saya ucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan untuk menyampaikan sambutan pada Sidang Paripura Istimewa hari ini," tutup Bupati.(nt)