BPA Rohil Serius Tingkatkan Pengunjung Perpustakan

Ahad, 09 Juni 2013

BAGANSIAPIAPI - Badan Perpustakaan dan Arsip (BPA) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) berupaya meningkatkan jumlah para pengunjungnya. Ini dilakukan untuk menarik minat pembaca dengan melengkapi arsip buku bacaannya. Sebab, sejak perpindahannya ke kantor baru di Batu Enam, angka pengunjung dirasakan mengalami penurunan.

Pasalnya, tingkat kunjungan sejak tahun 2011 lalu dari jumlah pengunjung mencapai 786 orang yang menjadi 89 orang. "Tahun 2012 kita pindah dari lokasi kota Bagansiapiapi ke Batu Enam, pengunjung terus mengalami penurunan dari 362 orang, dan kini di Mei tahun 2013 yang tercatat baru sebanyak 84 orang yang berkunjung ke BPA," jelas Kepala TU BPA Rohil, Soekarno, kemarin.

Untuk itu, pihaknya akan terus berupaya mensosialisasikan keberadaan kantor yang baru diiringi dengan penambahan arsip buku bacaan. "Kemungkinan banyak yang belum tahu kita berkantor di tempat yang baru. Makanya tahun 2013 ini, BPA akan berupaya meningkatkan jumlah pengunjung dengan mensosialisasikan keberadaan kita ke masyarakat dan sekolah-sekolah," tambahnya.

Menurut Soekarno, selain lokasi baru yang jauh dari pemukiman, diakuinya minat baca warga Rohil masih minim. Sehingga, setiap tahunnya tingkat kunjungan terjadi penurunan.

"Target akan menggandeng seluruh pelajar di setiap sekolah untuk berkunjung ke BPA dengan menyesuaikan jadwal jam pelajaran siswa. Di samping itu, kita akan menyebarkan brosur ke masyarakat untuk mengajak warga berkunjung ke BPA," katanya.

Dari ribuan buku yang tersedia, menurut Soekarno pada umumnya sebenarnya buku-buku di BPA menarik untuk dibaca dari berbagai sisi. "Soal fasiltas, kita akan terus lengkapi kekurangan. Yang jelas bagaiman meningkatkan minat baca masyarakat untuk menambah wawasan," harap. (rep05)