Anggaran Pemulangan 135 Eks Gafatar Asal Riau Butuh Rp350 Juta

Kamis, 04 Februari 2016

PEKANBARU-Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Riau Syarifudin sebut, butuh Rp350 juta untuk pemulangan 135 orang eks Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar). Sementara anggaran yang tersedia cuma Rp80 juta. 
 
Dengan kondisi ini sepertinya cukup membuat Kepala Dinsos Riau putar otak. Hingga akhirnya keluh-kesah itu pun disampaikan pada rapat penanganan dan rencana pemulangan eks Gafatar di ruang melati kantor gubernur, Rabu (3/2/16).
 
"Anggarannya butuh Rp350 juta Pak Gubernur. Anggaran itu diperlukan untuk mengangkut 135 orang eks Gafatar dari Jakarta ke Pekanbaru," kata Syarifuddin, seperti dilansir riauterkini. 
 
Disampaikan, dengan anggaran itu pula jika dikalkulasikan pemulangannya melalui jalur darat. Dimana selain diperuntukan untuk pembayaran transportasi, juga untuk makan dan biaya pengamanan. 
 
Hanya saja, paparan yang disampaikan dengan serius oleh Kadinsos tersebut justru dijawab oleh Plt Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman dengan nada seloroh. Yakni, meminta untuk menghitung kembali rincian sebesar Rp350 juta yang dipaparkan tersebut. 
 
"Tolong dihitung baik-baik, ini ada anggota dewan juga ini pak Kadis, anggarannya dihitung secara rinci, jangan sampai salah," ujar Plt Gubri yang diiringi senyum dan tawa para undangan yang datang. 
 
Meski begitu, Pltg Gubri yang biasa disapa Andi Rachman ini tetap berharap persoalan eks Gafatar jangan sampai menjadi beban bagi daerah. Bukan berbicara soal anggarannya, melainkan pada penanganan yang berlarut-larut hingga menimbulkan persoalan baru.(rep05)