Ini Dia Rahasia Pilot dan Kru yang Tak Diberi Tahu ke Penumpang

Selasa, 01 Desember 2015

London - Banyak orang mungkin merasa telah mengetahui seluk-beluk penerbangan. Namun situs tanya-jawab Quora mengungkapkan beberapa rahasia yang tidak disampaikan oleh kru penerbangan. Setidaknya ada sebelas rahasia yang Anda belum tahu seperti dimuat dalam laman Independent, 28 November 2015.
 
1. Pilot menyantap makanan yang berbeda
Anda mungkin merasa telah diperlakukan istimewa oleh pramugari, termasuk dalam soal makanan. Namun pilot dan kopilot diberikan makanan khusus yang berbeda untuk memastikan mereka tidak terserang penyakit.
 
2. Kotak hitam bukan tidak bisa hancur
Kotak hitam tetap bisa hancur melalui tekanan yang ekstrem dan api, seperti kebanyakan material buatan manusia.
 
3. Ada kode rahasia untuk pembajakan
Jika pesawat sedang dibajak, saat mendarat, pilot akan membiarkan sirip mengembang (berfungsi memperlambat pesawat saat mendarat). Ini sebagai sinyal bahwa ada yang tak beres.
 
4. Pingsan jika tak memakai masker oksigen
Jika kabin kehilangan oksigen, Anda akan pingsan sekitar 15-30 detik apabila tidak mengenakan masker oksigen.
 
5. Jangan minum air di pesawat
Sebaiknya jangan meminum air putih, kecuali di dalam botol. Sebab, semua air di pesawat telah diberi bahan kimia untuk memastikan tidak ada kuman. Hal ini juga berlaku untuk kopi dan teh.
 
6. Penundaan pendaratan oleh menara kontrol adalah hal biasa
Banyak bandara selalu disibukkan oleh pesawat yang mendarat dan lepas landas. Dengan kata lain, pesawat yang mendarat harus mengantre karena lalu lintas di bandara penuh.
 
7. Penghasilan pilot luar biasa
Jika menjadi pilot sebuah perusahaan penerbangan yang besar, Anda bisa memperoleh pendapatan sekitar Rp 2 miliar setahun.
 
8. Pesawat jarang jatuh di tengah perjalanan
Kecelakaan pesawat yang paling sering adalah saat take off dan landing.
 
9. Guncangan tak perlu dikhawatirkan
Guncangan karena updraft, saat pesawat menembus awan, tidak perlu dikhawatirkan.
 
10. Menggunakan peranti elektronik sebetulnya tak masalah
Belum ada bukti yang meyakinkan bahwa menggunakan peranti elektronik di pesawat dapat mengganggu penerbangan. Namun Anda tidak disarankan untuk mencobanya karena pasti dianggap melanggar aturan.
 
11. Melupakan sinyal tanda pemakaian sabuk pengaman
Kadang-kadang pilot lupa mematikan sinyal penggunaan sabuk pengaman, bahkan ketika penerbangan telah berjalan mulus. (rep05)