Pemkab Rohil Terus Kembangkan Pembangunan di Pesisir

Senin, 16 November 2015

BAGANSIAPIAPI - Untuk meningkatkan akses jalan demi kelancaran arus lalu lintas, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil) saat ini terus menggesa perkembangan pembangunan khususnya jalan lintas (Jalin) yang terletak di daerah pesisir. Pasalnya, salah satu jalin pesisir Panipahan, Kecamatan Pasir Limau Kapas (Palika) saat ini masih perlu perbaikan untuk mengurangi banyaknya masyarakat yang hidup dibawah garis kemiskinan.

"Mayoritas masyrakat Palika bergantung hidup di sektor perkebunan, makanya daerah itu perlu digesa pembangunannya agar akses tranportasi mudah dilewati dalam rangka mensejahterakan masyarakat," ujar wakil ketua DPRD Rohil, Abdul Kosim di Bagansiapiapi.

Politisi Gerindra Rohil ini mengatakan terhambatnya akses tranpotasi di daerah itu dikarenakan infrastruktur publik yang masih buruk seperti infrastruktur jalan, penerangan listrik, air bersih, pendidikan, kesehatan, dan lain sebagainya. "Masalah ini harus diperhatikan Pemkab Rohil secara serius, kalau tidak maka sangat diyakini ekonomi masyarakat setempat tidak akan berubah," ujarnya.

Dilanjutkan, sebagaimana yang diketahui kehidupan masyrakat di Palika sangat bergantung dengan tranportasi laut, baik itu dalam mencari nafkah di laut sebagai nelayan maupun kebutuhan untuk menuju ibukota kabupaten. "Nah, maka dari itu perlu digesa pembangunan jalin penghubung agar tranportasi darat bisa dilalui, kalau hal ini terwujud maka perekonomian masyrakat setempat akan maju danmeningkat," tutur Abdul Kosim.

Abdul kosim yang akrap disapa Akos ini mencontohkan jalin Kecamatan Kubu dan Kubu Babussalam saat dilakukan peningkatan dan dalam pengerjaan.

"Kalau jalin itu selesai pengerjaannya maka nantinya akan mempermudah akses lalu lintas yang ada di beberapa wilayah pesisir seperti seperti Kecamatan Pasir Limau Kapas, Bagan Sinembah dan Simpang Kanan," pungkasnya.(adv/hms/ar)