Bupati Suyatno Rohil Buka PIOS ke V Riau - Kepri

Selasa, 10 November 2015

BAGANSIAPIAPI - Pekan Ilmiah Olahraga dan Seni (PIOS) ke V Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta (PTAIS) Kopertais Wilayah XII se Propinsi Riau dan Kepulauan Riau(Kepri) senin malam secara resmi dibuka oleh Bupati Rokan Hilir H. Suyatno.

Pembukaan PIOS ke V yang dipusatkan di Taman Budaya Batu Enam Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir ini juga turut dihadiri Ketua DPRD Rohil Nasruddin Hasan dan jajaran, Plt Sekda H. Surya Arfan, Koordinator Kopertais XII Riau - Kepri Muzir Hitami, Forkopimda, dan sejumlah pejabat Rohil lainnya.

Bupati Rokan Hilir H. Suyatno menyampaikan ucapan selamat dan tahniah yang setinggi-tingginya kepada PTAIS Rohil sebagai tuan rumah dalam penyelenggara PIOS ke V yang digelar setiap dua tahun sekali.

PTAIS yang dimaksud diantaranya STIT Dar Aswaja di Kecamatan Kubu, STAI AR-Ridho Bagansiapiapi Kecamatan Bangko, dan STAIR di Baganbatu, Kecamatan Bagan Senembah.

Pelaksanaan PIOS, kata dia akan dimulai selama empat hari kedepan, yakni pada tanggal 9-13 November 2015.

Kegiatan ini menurutnya, selain untuk mempererat silaturahmi antar mahasiswa namun juga diharapkan bisa menguasai segala cabang olahraga dan seni.

"Saya berpesan kepada mahasiswa yang mengikuti perlombaan ikuti sesuai dengan Tri Dharma perguruan tinggi, selamat bertanding dan ukirlah prestasi sebanyak-banyaknya," harap Suyatno.

Ia juga mengharapkan kepada panitia penyelenggara PTAIS maupun Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Rohil agar jika ada kendala segera lakukan koordinasi sehingga pelaksanaan PIOS kali ini berjalan dengan baik.

"Sukses penyelenggaraan, sukses prestasi dan sukses promosi dapat kita wujudkan,"Sebut dia.

Sementara itu, Koordinator Kopertais XII Riau-Kepri H. Muzir Hitami juga memberikan apresiasi kepada seluruh panitia yang telah menyelenggarakan PIOS ke V yang diikuti sebanyak 29 PTAIS se Propinsi Riau dan Kepri.

"Kami juga mengucapkan tahniah dan selamat kepada tuan rumah Rohil yang sukses dan mampu menjalankan kegiatan ini," ujar Muzir.

Ketua Panitia Penyelenggara Usman Saufi menambahkan, pada hakikatnya PIOS ini diselenggarakan sebagai ajang pertemuan tahunan mahasiswa yang berada di Kopertais Wilayah XII Riau-Kepri.

PIOS pertama dilaksanakan di UIN Sultan Syarif Kasim (Suska) Riau di Pekanbaru tahun 2007, kemudian 2009 di Kota Tanjung Pinang Kepulauan Riau. Tahun 2011 diselenggarakan di Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir, selanjutnya 2013 di Kota Dumai dan tahun ini digelar di Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir.

Adapun maksud dan tujuan kegiatan ini, terangnya untuk menggali dan menghayati hasil studi dan riset bagi mahasiswa, mendorong pengembangan akademik, terjalinnya silaturahmi antar perguruan tinggi, serta terwujudnya kreatifitas dikalangan mahasiswa dan dosen.

"Berbagai persiapan telah kami lakukan mulai jelang keberangkatan sampai para kontigen berada di Rohil, alhamdulillah seluruh peserta PIOS dari Riau maupun Kepri sampai saat ini dalam keadaan sehat dan mereka siap bertanding selama empat hari kedepan," kata Usman Saufi yang juga Ketua STIT Dar Aswaja Kubu itu. (adv/hms/ar)