Plt Sekda Pantau Tes Kesehatan Satpol PP

Selasa, 10 November 2015

Plt Surya Arfan saat berbincang sama peserta tes kesehatan Satpol PP Rohil

BAGANSIAPIAPI - Sebanyak 803 pelamar Satuan Polisi Pamong praja (satpol PP) Rohil yang dinyatakan lulus dalam tes Administrasi beberapa waktu lalu saat ini mulai mengikuti test kesehatan yang dipusatkan di RSUD Dr RM Pratomo Bagansiapiapi, Senin (9/11) kemaren. Tes Kesehatan itu langsung dipantau oleh Pelaksana tugas (Plt) Sekdakab rohil, Drs H Surya Arfan Msi.
 
Para pelamar itu di tes kesehatanya mulai dari kesehatan fisik, tinggi badan,kesehatan mata, bagi pelamar laki-laki akan diperiksa seluruh tubuhnya, jika memiliki tato dan tindik maka pelamar itu dinyatakan gugur, "kata Surya Arfan disela-sela peninjauan tersebut.

Tes kesehatan ini akan berlangsung selama empat hari kedepan, Dimana setiap harinya pihak RSUD Dr RM Pratomo Bagansiapiapi hanya mampu melakukan pemeriksaan sebanyak 200 pelamar. "untuk hari pertama pelamar akan diperiksa kesehatannya sebanyak 208 pelamar dengan jadwal mulai pukul 08.00 Wib hingga pukul 16.00 Wib sesuai dengan jam pulang kantor, "kata Surya Arfan.

Kepala BKP Rohil Definitif ini juga mengingatkan kepada pelamar yang telah lulus administrasi yang saat ini tengah menjalani pemeriksaan kesehatan untuk tidak mudah tergiur dengan janji dari siapapun apa lagi pakai uang. "Biaya tes kesehatan Semuanya ditangung panitia alias gratis, saya juga mengingatkan kepada petugas jangan menjanjikan kepada pelamar bisa meluluskan pelamar, "tegasnya.

Surya Arfan juga berharap pelamar yang lulus sebagai tenaga bantu satpol PP nantinya adalah orang-orang yang terbaik, karena tugas dan fungsi satpol PP adalah untuk mengamankan daerah dalam menegakkan Perda. "Sekali lulus menjadi anggota Satpol PP sampai kapanpun tetap Satpol PP, cukuplah selama ini anggota Satpol PP yang terbaik pindah tugas di satker lain, "kata Surya Arfan.

Saat disingung apakah Pemkab Rokan Hilir ada rencana akan menarik kembali anggota Satpol PP yang pindah kerja di satuan kerja lain, Sekda mengaku hal itu tidak akan dilakukan. "Yang sudah pindah tidak akan di tarik kembali. Terpenting anggota baru nantinya tetap menjadi anggota Satpol PP dan tidak di perbolehkan pindah ke satuan lain," tuturnya.

Sementara itu, Kakan Satpol PP, Syafriyanto SH ditempat yang sama menerangkan, proses tes kesehatan ini dilaksanakan selama 4 hari penuh dengan sistem terbuka, yang tak lulus tes kesehatan akan langsung dinyatakan gugur dengan syarat dan ketentuan yang ada. "Setelah menjalani tes kesehatan dan sudah diumumkan yang lulus akan menjalani proses selanjutnya yakni tes Samapta, tertulis dan terakhir tes wawancara," ujarnya

Tes kesehatan ini turut di bantu oleh 3 orang Dokter, 6 perawat, 6 tenaga administrasi dan dibantu Kabid, tambah Direktur RSUD Drs RM Pratomo Bagansiapiapi. Tes yang dilaksanakan selama 4 hari ini dibagi per priode, hari ini Senin sebanyak 208 orang, selanjutnya hari kedua, ketiga dan ke empat masing-masing besok 200 orang, terang Syafriyanto.

Peninjauan tes kesehatan itu Surya Arfan turut didampingi oleh Asisten I Bidang pemerintahan, Rusli Syarif S Sos Msi, Asisten IV Bidang Administrasi, Hj Dahniar Mkes, Direktur RSUD Dr RM Pratomo Bagansiapiapi, Dr Tri Buana Tungga Dewi, Kakan Satpol PP Rohil, Syafriyanto SH, dan pejabat eselon pemkab rohil lainnya. (adv/hms/ar)