Mulai Hari Ini, Siswa di Pekanbaru Masuk Sekolah Seperti Biasa

Senin, 12 Oktober 2015

Pekanbaru-Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru mengeluarkan kebijakan proses belajar-mengajar anak sekolah, dari tingkatan PAUD, TK, SD, SMP, SMA/sederajat mulai Senin (12/10/2015) sudah kembali normal seperti biasanya, kebijakan itu diambil mengingat kondisi udara di kota Pekanbaru sudah barangsur membaik.
 
Sebelumnya Dinas Pendidikan mengeluarkan kebijakan para peserta didik hanya bersekolah dua kali dalam seminggu, yakni pada hari Senin dan Kamis dengan durasi belajar selama 2 jam mulai pukul 07.30 hingga 09.30 WIB di tengah kabut asap melanda Kota Pekanbaru.
 
"Kebijakan proses belajar mengajar kembali normal seperti biasa itu, kita ambil atas izin Kadisdik Provinsi Riau dan Wali Kota Pekanbaru, artinya mulai Senin besok paserta didik bersekolah mulai pukul 07.00 hingga jam pulang sampai hari Sabtu," ujar Prof Dr Zulfadil, seperti dilansir riaupos.co, kemarin.
 
Ia menyebutkan kebijakan ini sudah disampaikan pihaknya kepada seluruh
kepala sekolah yang ada di Pekanbaru. "Informasi itu sudah kita sampaikan. Tapi kita juga menghimbau kepada sekolah untuk tidak memperbanyak aktivitas di luar ruangan sebab kondisi udara di Pekanbaru belum 100 persen sehat. Untuk siswa diharapkan memakai masker," paparnya.
 
Mengenai kebijakan itu, Zulfadil menyebutkan dapat berubah sewaktu-waktu tergantung dengan kondisi udara di Pekanbaru. "Jika ada perubahan kondisi udara makan kita akan menginformasikan kepada pihak sekolah," sampainya.
 
Sementara itu, berdasarkan laporan dari Kepala Laboraturium Badan Lingkungan Hidup kota Pekanbaru mengatakan berdasarkan pengukuran yang dilakukan pihaknya, Minggu (11/10/2015) sekitar pukul 15.00 WIB Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) berapa pada level tidak sehat, dengan tingkat pencemaran udara (PM10) 118.
 
Untuk kandungan udara lainnya sulfur dioksida (SO) berada pada posisi kosentrasi 13, karbondioksida (CO2) berada pada posisi konsentrssi 36, nitrogen dioksida (NO2) berada pada posisi konsentrasi 85 dan kanduangan O3 berada pada posisi konsentrasi 110," kata Syarial. (rep05/rpc)