Asap Menebal, Disdik Rohil Liburkan Pelajar Sekolah

Sabtu, 05 September 2015

BAGANSIAPIAPI - Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) telah meliburkan sekolah mulai tingkat Taman Kanak-kanak (TK) hingga SMA di tiga kecamatan. Keputusan libur itu setelah pihak sekolah setempat melapor ke Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) pendidikan bahwa udara di tiga kecamatan itu sudah mengkhawatirkan kesehatan terutama para siswa.
 
"Kita telah mengeluarkan surat keputusan libur untuk sekolah di kecamatan Rantau Kopar, Pujud, dan Tanjung Medan mulai Kamis (3/9/2015) kemaren setelah mendapatkan Laporan dari pihak UPTD setempat," ujar Kadisdik Rohil Amiruddin Jumat (4/9/2015).
 
Dikatakan Amiruddin, pihak Disdik terpaksa meliburkan sekolah yang ada di tiga kecamatan itu karena kabut asap dari pembakaran hutan dan lahan (Karhutla) menganggu aktifitas proses belajar mengajar. "Untuk sementara hanya tiga kecamatan saja yang diliburkan, sementara sekolah yang ada di 15 Kecamatan lainnya masih tetap melakukan aktifitas belajar mengajar seperti biasanya," jelasnya.
 
Ia mengatakan pihaknya telah memberikan intruksi kepada UPTD Pendidikan untuk meliburkan sekolah jika udara menganggu kesehatan siswa. "Kepada Pihak sekolah juga telah kita minta untuk melaporkan ke disdik atau UPTD pendidikan setempat jika udara menganggu kesehatan siswa," terangnya. 
 
Mantan kadisdukcapil Rohil itu juga berpesan kepada Siswa yang masih melakukan Aktifitas belajar untuk menggunakan Masker ke Sekolah. "Ini untuk mencegah terjadinya berbagai penyakit akibat kabut asap. Bagi siswa uang libur kita minta tetap belajar di rumah dan mengurangi aktifitas di luar rumah," imbaunya. (rep05/krc)