Diskop UKM Rohil Bangun 50 Kios Central PKL di Kuba

Sabtu, 05 September 2015

BAGANSIAPIAPI - Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah (Diskop UKM) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Riau, kembali mengusulkan pembangunan 50 Kios Central Pedagang Kaki Lima (PKL) untuk Kecamatan Kubu Babussalam (Kuba) ke Kementrian Koperasi RI untuk membantu PKL mendapatkan lapak dagangan.
 
"Kami akan mengusulkan kepada Kementrian Koperasi untuk pembangunan 50 kios Central PKL tahun ini di Kecamatan Kubu Babussalam. Pembangunan kios itu kita usulkan sebanyak 50 kios dengan ukuran 3x2 meter (per kios), " kata Kabid UKM Azwar, Rabu (2/9/15) di ruang kerjanya.
 
Pembangunan Kios Central PKL di Kecamatan Kubu Babussalam karena kecamatan itu telah maju dan berkembang dengan pesat, sehingga sangat perlu dilakukan penataan dan pembinaan terhadap PKL. 
 
"Apabila kawasan Kecamatan Kuba terlihat indah dan teratur tentunya membuat pengunjung merasa betah dan nyaman," katanya.
 
Azwar menjelaskan, sebelumnya Diskop UKM Rohil juga telah mendapatkan bantuan dari Kementrian Koperasi sebesar Rp400 juta untuk pembangunan 50 kios Central PKL yang di pusatkan di tepian Sungai Rokan, pusat perkantoran, Batu Enam, Bagansiapiapi. "Alhamdulillah 50 Kios Central PKL itu telah selesai pembangunannya dan sebagian telah ditempati oleh PKL, "ujarnya.
 
Menurutnya, 50 kios Central PKL yang terletak ditepian sungai rokan itu saat ini masih belum diresmikan pemakaiannya dikarenakan fasilitasnya belum lengkap seperti pembangunan Mushola,Sumur Bor, kamar mandi, dan fasilitas lainnya. Apabila fasilitasnya sudah lengkap, maka kita siap meresmikan pemakaian Kios Central PKL tersebut.
 
Diskop UKM sendiri sebutnya telah mengajukan Anggaran untuk pembangunan berbagai Fasilitas diseputaran Kios tersebut di APBD Rohil. Namun, Ajuan tersebut tidak bisa dipenuhi karena adanya pemangkasan Anggaran APBD setelah dilakukan Verifikasi oleh pihak Propinsi Riau. Sehingga pembangunan Fasilitas diseputaran Kios tersebut tidak bisa dibangun pada tahun ini, "ungkapnyaDijelaskan Azwar, Sebelumnya Diskop UKM Rohil juga telah mendapatkan Bantuan dari kementrian Koperasi sebesar Rp400 juta untuk pembangunan 50 Kios Central PKL yang dipusatkan di tepian sungai Rokan, pusat perkantoran, Batu Enam, Bagansiapiapi. 
 
"Alhamdulillah 50 Kios Central PKL itu telah selesai pembangunannya dan sebagian telah ditempati oleh PKL, "ujarnya.
 
Menurutnya, 50 Kios Central PKL yang terletak ditepian sungai rokan itu saat ini masih belum diresmikan pemakaiannya dikarenakan fasilitasnya belum lengkap seperti pembangunan Mushola,Sumur Bor, kamar mandi, dan fasilitas lainnya. Apabila fasilitasnya sudah lengkap, maka kita siap meresmikan pemakaian Kios Central PKL tersebut.
 
Diskop UKM sendiri sebutnya telah mengajukan Anggaran untuk pembangunan berbagai Fasilitas diseputaran Kios tersebut di APBD Rohil. Namun, Ajuan tersebut tidak bisa dipenuhi karena adanya pemangkasan Anggaran APBD setelah dilakukan Verifikasi oleh pihak Propinsi Riau. Sehingga pembangunan Fasilitas diseputaran Kios tersebut tidak bisa dibangun pada tahun ini," imbuhnya. (rep05/mcr)