Operasi Pasar Gas Elpiji, Disperindag Rohil Gandeng Pertamina

Rabu, 24 Juni 2015

ROHIL - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Rohil bekerjsama dengan Pertaminan mengadakan operasi pasar gas LPG 3 kilogram. Prograram itu mengantisipasi terjadinya kelangkaan gas jelas lebaran.

Demikian diungkapkan Kadisperindag Rohil H Syafruddin, Selasa (23/6/15) di Bagansiapiapi. Dikatakan, tahap awal dilaksanakan di Kecamatan Bangko Bagansiapiapi dan Kecamatan Batu Hampar. Kemudian, setiap kecamatan mendapat jatah 1 Loading order (Lo) atau setara dengan 560 tabung gas LPG melon.

Untuk sasaran operasi pasar ini ditujukan untuk masyarakat miskin, karena gas ini sudah disubsidi dan dijual sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET). "Tidak diperjual belikan hanya untuik dipakai rumah tangga," katanya.

Sementara untuk harga HET tergantung dengan HET masing-masing, misalkan Bangko harganya berkisar Rp 18.000-19.000 pertabung.

Pihak Disperindag membatasi setiap KK maksimal mendapatkan 5 buah gas LPG 3 kilogram. Untuk operasi Pasar ini ditargetkan diseluruh Kecamatan yang ada di Rohil, tujuannya agar tidak terjadi kelangkaan LPG jelang Lebaran.

"Ini salah satu langkah real kita, sehingga masyarakat tak mengeluh karena langka atau harganya mahal," katanya. Untuk kecamatan lainnya akan dilaksanakan menyusul. Intinya dalam Bulan ini seluruh kecamatan di Rohil akan selesai dilaksanakan Operasi Pasar LPG 3 kg.

Untuik titik di Kecamatan Bangko dipusatkan di Simpang 3, kepenghuluan Bagan Jawa, masyarakat sudah diberitahu sehari sebelumnya dan akan tiba pada sore hari. "Semoga bermanfaat dan mencukupi kebutuhan gas selama puasa dan lebaran," imbuhnya.(rep05/mcr/hms)