Diskes Riau: Jangan Sering Beli Jajanan Buka Di Luar

Jumat, 19 Juni 2015

PEKANBARU -  Sebagian besar umat Islam menjalankan puasa di bulan Ramadan dan setiap orang harus melakukan aktivitas sehari-hari untuk asupan air dan energi kaitannya erat dengan asupan nutrisi, jadi jangan salah memilih menu saat berbuka maupun sahur.
 
Untuk itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Andra Sjafril menghimbau kepada yang berpuasa hendaknya harus berhati-hati kalau ingin mengkomsumsi makanan pada saat berbuka puasa maupun ketika sahur.
 
"Harus ada beberapa hal yang harus disikapi dalam  memilih makanan yang cerdas, harus memilih makanan rumahan, jangan sering membeli makanan di luar. Kalau makanan rumahan atau makanan yang dimasak sendiri kita bisa mengatur kadarnya, seperti tidak menggunakan makanan yang mengandung penyedap rasa maupun pengawet. Kalau makanan di luar tentu menggunakan penyedap, yang kedua adalah makanan yag mengandung formalin atau pegawet lainnya," ujar Andra Sjafril, kepada Riaupos.co, Kamis (18/6/2015).
 
Lanjutnya, makanan yang bernutrisi seimbang adalah yang mengandung berbagai vitamin, mineral, kabohidrat, protein, enzim dan zat-zat seimbang lainnya. "Makanan yang siap saji banyak dijual di pinggiran jalan yang tidak bisa kita ketahui kebersihan dan kesehatannya. Pemilihan makanan yang segar tanpa bahan pengawet yang bisa membantu menjaga kesehatan tubuh. Bisa lebih seleksi lagi dalam memilih makanan yang tanpa pengawet," katanya.(rep04/rpc)