Sebanyak 28 Ribu Warga Miskin Rohil Terima Raskin

Selasa, 09 Juni 2015

Rohil-Kuota penerima beras miskin (Raskin) di Kabupaten Rohil mencapai 28.232 kepala keluarga. Jumlah data Rumah tangga sasaran(RTS) tersebut diperoleh dari Badan Pusat  Statistik (BPS) tahun 2011.
 
Sedangkan jumlah kuota yang disalurkan pertahun mencapai 423.480 kilogram,  disalurkan bagi RTS di 18 kecamatan di Kabupaten Rohil, kata Mardiah selaku Kasubag Produksi Daerah Setda Rohil, Senin (8/6/15).
 
Menurutnya, pendistribusian beras bantuan (raskin) dari pemerintah pusat kedaerah sudah memasuki triwulan kedua."Perkepala keluarga menerima 15 kilo perbulanya," jelasnya.
 
Dikatakan, alur distribusi beras raskin sejauh ini tidak ada kendala, dari Bulog Dumai diberikan melalui kecamatan kemudian diserahkan ke tiap kepenghuluan baru disalurkan ke RTS penerima."Kita sifatnya hanya mengkordinir ke Bulog sesuai permintaan dan kebutuhan. Sedangkan pembayarannya langsung dari pihak kecamatan ke Bulog" sebutnya.
 
Biasanya, lanjut Mardiah, untuk menghemat biaya transportasi pengiriman pihak kepenghuluan dan masyarakat penerima sudah komitmen akan dilakukan pengiriman pertriwulan.Masih katanya, jumlah RTS penerima bantuan raskin idealnya setiap tahun berkurang, namun jika ada penambahan dan pengurangan data penerima hanya dapat dilakukan pemutakhiran data selama 5 tahun sekali.
 
Oleh karena itu, pemerintah daerah berupaya terus mengesa dalam meningkatkan perekonomian masyarakat, dengan demikian kedepan masyarakat tidak lagi memiliki ketergantungan ke pemerintah.(rep05/mcr)