Siswa tak Lulus Diharap Ikuti Ujian Paket C

Selasa, 28 Mei 2013

ilustrasi

BAGANSIAPIAPI-Kepala Dinas Pendidikan Rohil, Drs H Surya Arfan M Si menyatakan siswa yang tidak lulus itu diharapkan melanjutkan UN kesetaraan paket C atau menngulang kembali untuk belajar di sekolah-masing.

"Para siswa kita yang belum beruntung tahun ini agar tidak putus asa. Mereka masih bisa mengikuti UN kesetaraan Paket C atau mengulang di sekolah awal untuk mengikuti UN tahun depan," sebutnya.

Seperti diberitakan, pengumuman kelulusan hasil Ujian Nasional (UN), Jumat (24/5) lalu mengantarkan Kabupaten Rokan Hilir menduduki urutan ke-5 di Provinsi Riau dengan persentase kelulusan sebesar 99,88 persen. Persentase sebesar itu memaksa 4 siswa Rohil tak lulus tahun ini dari 7.344 siswa SMA/SMK/MA.

Ditegaskan Surya Arfan, angka kelulusan di Rohil tahun ini merupakan yang terbaik dari tahun-tahun sebelumnya. "Dari 12 kabupaten/kota di Riau, peringkat Rohil tahun ini berada di urutan kelima dengan rincian, SMK meraih ranking 2, SMA IPA ranking 5 dan SMA IPS rangking 4, termasuk SMA dan MA. Kelulusan siswa kita tahun ini cukup membanggakan dibandingkan kabupaten lain, seperti Bengkalis sebanyak 84 siswa yang tak lulus. Untuk Dumai ada sebanyak 8 siswa dan Kampar 24 siswa yang tak lulus," bebernya.

Tambah Surya, prestasi angka kelulusan yang meningkat tahun ini tak lepas kerja keras para guru. "Persiapan kita sebelumnya memang terus dimatangkan dengan kerab menggelar trobosan dan try out serta strategis lainnya sebelum diadakannya UN," ungkap Surya.

Lanjut Surya, dari 7.344 siswa SMA/SMK/MA yang ikut UN lalu dan dinyatakan lulus akan berkesempatan mendapatkan beasiswa dari Pemkab bagi siswa yang meraih nilai tertinggi. "Mereka yang layak mendapatkan beasiswa akan dikuliahkan di berbagai perguruan tinggi di Indoensia dan luar negeri," janjinya. (rep05)