Disbun Rohil Kembangkan Tanaman Karet

Jumat, 27 Maret 2015

 BAGANSIAPIAPI - Dinas Perkebunan (Disbun) Rohil akan memaksimalkan pembinaan pengembangan tanaman karet di Kabupaten Rokan Hilir. Pasalnya, sebanyak empat Kecamatan di Negeri Seribu Kubah berpotensi sebagai sentra perkebunan karet yang harus dikembangkan.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Perkebunan Rohil, Syahril, S. Sos, Jumat (27/3). Dia menjelaskan, mengingat potensi wilayah cukup besar keempat kecamatan itu sangat potensial sekali untuk dikembangkan tanaman karet. Adapun ke 4 kecamatan itu diantaranya Kecamatan Pujud, Tanah Putih dan Kecamatan Rimba Melintang.

"Saya menilai keempat daerah ini jika dibina dan dikembangkan dengan baik, maka mampu meningkatkan hasil karet. Program pengembangan kebun rakyat di daerah tersebut akan terus dilakukan. Namun programnya akan dilaksanakan secara bertahap-tahap," kata Syahril.

Menurut Syahril, pada tahap awal para petani di empat kecamatan itu akan diberi bantauan bibit karet. Bantuan tersebut nantinya diberikan secara gratis oleh Pemkab Rohil dan juga dari Pemerintah Pusat. Sementara untuk tahun ini akan direalisasikan bantuan bibit karet dari pemerintah pusat.

Dikatakan Syahril, besar harapan perkebunan karet rakyat kedepan bisa terus berkembang di Rohil. Sama halnya dengan tanaman sawit yang kini sudah sangat menolong perekonomian masyarakat Rohil. Program ini juga bertujuan dalam rangka untuk mengembalikan kejayaan hasil karet di empat lokasi tersebut.

"Kita ingin kejayaan masa lalu dapat dikembalikan. Oleh sebab itu program bantuan bibit tanaman karet ini dilaksanakan, sehingga semua dapat terealisasi."Tandasnya.(kar)