Bupati Rohil Minta Perayaan Cap Gomeh Agar Terus di Lestarikan

Ahad, 08 Maret 2015

BAGANSIAPIAPI - Perayaan Imlek dan Cap Goh Meh 2566 penanggalan tahun China sangat meriah dibandingkan dengan tahun lalu, pasalnya, setiap warga yang ada diperantauan tahun ini diringankan langkahnya untuk pulang kampung merayakan Iven besar tersebut bersama sanak keluarga. untuk itu, Dalam kesempetan tersebut Bupati Rohil, H. Suyatno meminta perayaan cap Gomeh ini agar terus di lestarikan.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, perayaan Cap Go Meh dilaksanakan Pawai Lampion keliling kota Bagansiapiapi dengan memperebutkan Hadiah dari Panitia dan Dari Bupati Rohil.tahun ini festival Lampion di ikuti sebanyak 22 peserta dari berbagai kelenteng yang ada di Bagansiapiapi. selain itu, Warga tionghoa juga melepaskan Ratusan Balon Api keudara sebagai bentuk rasa syukur kepada sang pencipta.

Pelepasan Ratusan Balon api keudara itu, Bupati Suyatno yang didampingi ketua DPRD Rohil, Nasruddin Hasan, Plt.Sekda Rohil, Drs.Surya Arfan, Msi, Danramil 03 Bangko ikut ambil bagian untuk menerbangkan beberapa balon api keudara yang dipusatkan di Depan Yayasan Muti Marga Bagansiapiapi dan di ikuti Puluhan Masyrakat Tionghoa lainnya.

Festival Lampu lampion itu selain memperebutkan Hadiah uang tunai yang disediakan oleh Panitia, peserta lampion juga memperebutkan Hadiah dari Bupati Rohil. dimana tahun ini Bupati Rohil, H. Suyatno memberikan Hadiah bagi pemenang Pertama sebesar Rp5 juta, juara kedua Rp3 Juta dan juara ketiga sebesar Rp2 juta.

Perayaan Imlek dan Cap Go Meh itu dipusatkan di depan Kelenteng Ing Hok King dengan dihadiri Bupati Rohil,H.Suyatno,Ketua DPRD Rohil, Nasruddin Hasan, Plt.Sekda Rohil,Surya Arfan,Kapolres Rohil, AKBP.Subiantoro,Danramil 03 Bangko,Isnanu,Kajari Rohil, Moh. Zainuddin, Anggota DPRD Riau, Aseng alias Siswaja Muliadi, Para Pejabat Eselon, Asisten, Staf Ahli, Anggota DPRD Rohil, H.Tatang Hartono, Kapolsek Bangko, JL.Toruan, Tokoh Masyrakat Tiongho, Gui Samtong, Tokoh Ulama Tionghoa, dan undangan lainnya.

Dalam Sambutan nya, Ketua Panitia Imlek dan cap Go meh 2566, Kho Peng mengatakan Perayaan Malam Cap Go meh dengan mengadakan Festival Lampu lampion dengan menggunakan Miniatur berbagai jenis Lukisan adalah agenda Rutin setiap tahun nya.ini merupakan suatu Tradisi Masyrakat Tionghoa yang tentunya mampu menarik wisatawan untuk berkunjung di Bagansiapiapi.

Untuk Festival Festival Lampion dari di ikuti sebanyak 22 Peserta diantaranya 13 Regu pawai Lampu Hias dengan berbagai miniatur seperti Miniatur berhias Kuda kayu,kelenteng, Menara Paris, Kapal,ular naga dan sebagainya.

kemudian antraksi Barongsai satu regu,Marching Drum Band sebanyak 5 Regu yang berasal dari Bagansiapiapi,panipahan danPulau halang serta Hiburan lainnya. Terselenggaranya acara ini atas dukungan pemkab Rohil serta Donatur yang telah ikut membantu kita ucapkan terima kasih,"ujar Kho peng.

Ditempat yang sama, Bupati Rohil, H. Suyatno, Amp mengucapkan terima kasih kepada panitia yang telah mengundang pemkab Rohil beserta Rombongan untuk bersama-sama memeriahkan perayaan Malam Cap Go meh (malam mencari jodoh-Red).perayaan Malam cap go meh yang dilaksanakan setiap tahun nya di Kota Bagansiapiapi dan Kota Bagan Batu kecamatan Bagansinembah merupakan Budaya suatu daerah yang perlu di dukung oleh semua Pihak untuk melestarikan nya serta menjaganya secara besama-sama.

Sebagaimana yang kita diketahui Rokan Hilir memiliki beragam Budaya yang mampu menarik para wisatawan dari berbagai penjuru Dunia,untuk itu Budaya yang ada hendaknya haru dilestarikan.sehingga dengan Budaya yang ada bisa membawa suatu keberuntungan dalam meningkatkan ekonomi masyrakat.salah satu contoh Budaya yang mengundang para Wisatawan berkunjung ke Rohil adalah perayaan Cap Go meh dan Ritual Bakar Tongkang.

dimana dua Budaya masyrakat Tionghoa itu mampu mendatangkan Wisatawan baik lokalmaupun manca negara ke Rokan Hilir.untuk itu kita berharap Budaya ini harus dipertahankan dan dilestarikan.tidak lama lagi kita juga akan merayakan iven Tahunan yakni Ritual Bakar tongkang.

Pada perayaan Bakar Tongkang tahun 2015 ini pemkab Rohil akan mengundang beberapa Mentri untuk hadir ke kota bagansiapiapi,salah satunya adalah mentri Perikanan dan kelautan RI,Puji Astuti.karena Bagansiapiapi adalah salah satu yang memiliki sejarah Potensi Perikanan yang terbesar di Dunia setelah Norwegia.

"ya,pada perayaan Bakar Tongkang yang jatuh pada Bulan Juni Mendatang,pemkab Rohil akan mengundang Mentri Perikanan dan kelautan RI.untuk itu kepada warga Tionghoa untuk segera membentuk Panitia perayaan Bakar Tongkang.Selain mentri Perikanan dan kelautan,pemkab Juga akan mengundang mentri lain nya.untuk itu kita minta masyrakat untuk mempersiapkan diri untuk pembentukan Panitia.,"pungkasnya lagi.(karyadi).