Waduh, Harga Gas 3 Kilo di Rohil Capai Rp26 Ribu

Selasa, 03 Maret 2015

ROHIL - Harga tabung gas 3 kilogram ditingkat pengecer Kota Bagansiapiapi dijual seharga Rp26 ribu pertabung, dari sebelumnya Rp16 ribu pertabung. Kenaikan ini dinilai sangat memberatkan konsumen.
 
Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Rohil melalui Kabid Perdagangan Rafizal, dikonfirmasi, Senin (2/3), mengaku belum mengetahui penyebab pasti. Namun, kenaikan disebabkan panjangnya alur distribusi.
 
"Dari hasil pantauan harga masih stabil, kenaikan itu lantaran banyaknya perpanjangan tangan dari pangkalan ke tingkat pengecer sehingga harga menjadi naik,"ungkapnya.
 
Dirinya berasumsi, kenaikan tabung gas elpiji 3 kilogram bukan karena imbas kenaikan harga Bahan bakar minyak (BBM). Sebab, pemerintah pusat sendiri belum memberikan pengumuman kepastiah Harga Eceran Tertinggi (HET).
 
"Inilah yang akan Kita tertibkan dipasaran, sebab pemerintah pusat aja belum bisa menentukan harga karena harga minyak naik turun. Jadi, ini dikarenakan ulah permainan pasar,"ketusnya.
 
Jika sudah meresahkan, lanjutnya, pemerintah daerah, distamben dan pertamina akan bekerjsama membuat sk berbentuk himbauan ke masyarakat khususnya kepedagang pengecer.
 
"Kita akan dudukan persoalan ini, sebab kita belum dapat informasi yang jelas mengenai kenaikan harga ini. Dan, kita akan cek kelokasi,"imbuhnya.(rep05/mcr)