Dua Museum Sejarah Rohil Dipasangi CCTV

Kamis, 26 Februari 2015

BAGANSIAPIAPI - Untuk mengatisipasi terjadinya tindak kejahatan, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) memasang alat pengintau ( CCTV ), hal ini dalam rangka demi pengamanan barang-barang bersejarah dari orang yang tidak bertangungjawab.

"kita memasang CCTV pngintai ini untuk memonitor setiap sudut di gedung museum tionghua dan museum sejarah. supaya tetap aman dan terpantau dari pencurian,"terang Kepala Dinas Parawisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Rokan Hilir, H Zulkarnain kepada wartawan, Rabu (25/2) di Bagansiapiapi.

Menurutnya, Pemasangan alat camera CCTV itu untuk memonitor setiap sudut ruang museum Tiong hua dan museum Sejarah, masing-masing 16 unit untuk satu museum,"hal ini hanya semata-mata menjaga barang-barang bersejarah di Rohil dari kemalingan,"tegas Zulkarnain.

Dijelaskannya, pemasangan CCTV untuk mencegah terjadinya pencurian benda-benda bersejarah di museum tersebut. "Kalau sudah dipasang CCTV, saya pikir pelaku pencurian bisa berpikir ulang untuk berbuat kejahatan. karna beberapa waktu lalu, di museum sejarah pernah terjadi kecolongan. Jadi, supaya tidak terulang kedua kalinya,pihak Dispora telah memasang camera CCTV di setiap sudut museum sejarah tersebut.

lebih jauh di terangkanya, Hingga kini, Dispora mengusahakan agar masyarakat yang menyimpan benda antik untuk menitipkan dimuseum sejarah. dan Kemarin Dispora sendiri sudah mengajukan anggaran kepada DPRD untuk membeli barang sejarah namun hingga kini belum mendapat persetujuan Bappeda karena akan memakan biaya yang besar.

''Kita masih menunggu arahan Bupati untuk menambah koleksi museum kedua tempat tersebut,"kata ZUlkarnain.(Adv/karyadi)