Diikuti 3 Negara dan 34 Provinsi, Ribuan Pramuka akan Berkemah di Siak

Rabu, 11 Februari 2015

SIAK SRI INDRAPURA- Kepedulian pemerintah daerah dalam upaya mendukung program gerakan pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) 09 Kabupaten Siak, mendapat apresiasi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Dengan adanya gedung Kwarcab yang respresentatif dan tersedianya bumi perkemahan di atas lahan 4 hektare, Kwarnas pramuka menetapkan Siak sebagai lokasi kegiatan kemah budaya nasional yang diselenggarakan 28 Mai 2015 mendatang.

Demikian disampaikan Bupati Siak yang juga pembina Kwarcab 09 Drs H Syamsuar MSi saat meresmikan pemakaian gedung Kwarcab di Kelurahan Kampung Dalam, Kecamatan Siak, Selasa (10/2/15).

"Selain diikuti seluruh Kwarda pramuka dari 34 provinsi di Indonesia, kegiatan ini juga diikuti pramuka dari Singapura, Malaysia dan Brunai Darussalam. Insya Allah, kegiatan ini nantinya akan dibuka Menteri Pendidikan dan Kebudayaan," kata Syamsuar.

"Biasanya, kemah budaya nasional ini hanya diikuti seluruh Kwarda saja, tapi tahun ini kita undang pramuka dari negara tetangga, dan mereka bersedia datang. Kalau ini terlaksana, berarti baru Siak yang menyelenggarakan kegiatan tahunan pramuka ini yang diikuti peserta dari luar negeri," jelasnya.

Syamsuar berharap dukungan dari Kwarda Riau agar pelaksanaan kemah budaya nasional yang dilaksanakan di Bumi Perkemahan Tengku Buang Asmara di Kecamatan Mempura itu bisa berjalan dengan baik dan aman.

"Kita ingin jadi tuan rumah yang baik. Mari kita pelihara keamanan, ketertiban dan suasana kondusif. Iven ini tentu berdampak positif terhadap perekonomian masyarakat dan peluang kita untuk memperkenalkan Siak sebagai daerah destinasi wisata di Riau," ujar Bupati.

Ketua Kwarda Riau Azely Djohan mengatakan, ditetapkannya Siak sebagai pusat kegiatan kemah budaya nasional tahun 2015 oleh Kwarnas merupakan penilaian yang tepat.

"Peran Pemkab sangat besar dalam memajukan gerakan pramuka di Siak. Selain memiliki gedung Kwarcab dua lantai yang berdiri di atas lahan 3 ribu meter persegi, Siak juga punya bumi perkemahan seluas 4 hektare yang mampu menyelenggarakan iven nasional. Kita akan mendukung sepenuhnya pelaksanaan kemah budaya nasional bulan Mai nanti," ujar Djohan, dikutip goriau.com.

"Dengan mengikuti Satya dan Darma Pramuka, saya yakin karakter generasi muda bisa terbentuk dengan baik. Mereka akan mampu mengantisipasi diri dari dampak negatif perkembangan teknologi dan bahaya narkoba. Mari ajak semua anak-anak kita untuk aktif pada kegiatan kepramukaan di sekolahnya masing-masing," pungkas Djohan.

Ikut hadir pada kesempatan itu, Ketua DPRD Siak, Sekdakab Siak, Danlanal Dumai, Kapolres Siak, Dandim Bengkalis, sejumlah pejabat dilingkungan Pemkab Siak dan ratusan anggota pramuka Kwarcab Siak.(cr01/grc)