Kawasan Perbatasan Rohil Harus Jadi Prioritas.

Jumat, 16 Januari 2015

nt

BAGANSIAPIAPI – Kawasan perbatasan Rokan Hilir (Rohil) dalam Peningkatan pembangunan harus menjadi skala prioritas, karma pembangunan yang akan di bangun agar manfaatnya tidak hanya dirasakan oleh masyarakat yang berada di perbatasan tapi juga mendukung kedaulatan negara secara utuh.

Demikian di paparkan Kepala Badan Pengelola Perbatasan Daerah (BPPD) Rohil, Wazirwan Yunus , kepada Wartawan, Jumat (16/1) di Bagansiapiapi. Menurutnya, Kawasan perbatasan keberadaannya sangatlah penting, jadi harus diperhatikan dengan pembangunan yang lebih baik,”seperti halnya di kecamatan Pasir Limau Kapas dan Kecamatan Sinaboi. Dua daerah itu potensial dari berbagai sumber daya alam dan berbatasan langsung dengan kabupaten atau propinsi lain serta ada daerah seperti pulau Jemur yang berbatasan Langsung dengan Port Klang Malaysia.’terang Wazirwan.

Tambahnya, Dengan kesadaran akan pentingnya hal itu maka BPPD dibentuk pemerintah daerah berdasarkan pada Peraturan daerah nomor 10 tahun 2013 yang kemudian disahkan pada 14 Oktober tahun lalu,”Titik fokus dari badan tersebut lebih mengarah pada pengelolaan kawasan yang berbatasan dengan daerah luar, berbeda dengan bagian Tata Pemerintahan (Tapem) setdakab Rohil yang fokus pada soal tapal batas antar wilayah yang masih berada dalam satu kesatuan kabupaten Rohil,’bebernya.

Lanjutnya, maka kedepan pengelolaan kawasan perbatasan memang sangat penting dan telah menjadi perhatian pemerintah pusat. Pihaknya akan menyampaikan tentang pentingnya berbagai pembangunan yang diperlukan masyarakat seperti infrastruktur, pendidikan, peningkatan perekonomian masyarakat dan lain-lain.

”Skala prioritas yang diperlukan itu akan dikoordinasikan dengan dinas terkait seperti Bina Marga, Pendidikan, Dinas Kesehatan, Cipta Karya dan lain-lain. Dua kawasan yakni kecamatan Pasir Limau Kapas (Palika) dan kecamatan Sinaboi sebagai daerah andalan dengan keberadaan potensi luar biasa dan berkaitan dengan cakupan tugas BPPD yaitu bidang potensi kawasan, bidang perbatasan antar negara, infrastruktur dan bidang kerjasama.dua titik Kordinat kecamatan palika dan sinaboi akan dimaksimalkan untuk merancang tapal perbatasannya,”pungkasnya.(nto)