Inilah Cara Terbaik Merawat Tali Pusat Bayi Baru Lahir

Senin, 22 Desember 2014

Bayi yang masih dalam kandungan mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan melalui plasenta, yang melekat pada rahim ibu. Tali pusat berfungsi sebagai penghubung antara janin yang sedang berkembang dan plasenta.
 
Setelah bayi lahir, tali pusat akan dijepit dan dipotong sedekat mungkin dengan tubuh bayi dalam prosedur yang tidak menyakitkan karena tali pusat tidak memiliki ujung saraf. Tunggul yang tersisa akan mengering dan lepas dalam waktu sekitar tiga minggu.
 
Merawat bayi tali pusat sangatlah penting, mereka harus dijaga agar tetap bersih dan kering. Ini dapat dilakukan dengan mengikuti prosedur tertentu, sebagaimana dilansir dari Boldsky, Minggu (21/12/2014).
 
Cara memandikan
 
Membersihkan bayi dengan spons atau lap basah dianjurkan jika Anda bermaksud memandikan bayi. Memandikan bayi dengan merendamnya di bak sangat tidak dianjurkan agar tidak membuat tali pusat terendam.
 
Tali pusat bayi yang terlalu basah dan lembap rentan terhadap infeksi, meski pun kejadiannya cukup langka. Namun, Anda harus berhati-hati demi kenyamanan balita.
 
Bersihkan tali pusat
 
Beberapa ibu mungkin tidak mau memandikan bayi sebelum tali pusat lepas. Untuk membersihkannya, celupkan spons ke dalam air dan dengan lembut bersihkan permukaannya, lalu keringkan dengan kapas bersih.
 
Pakaian
 
Pakaian harus longgar dan nyaman, selain itu popok sebaiknya jangan menutupi tali pusat. Seiring dengan tali pusat yang mengering, biasanya sedikit cairan darah masih akan keluar.
 
Biarkan tali pusat lepas dengan sendirinya
 
Pembatasan mandi, membersihkan dan pakaian seperti yang disarankan di atas dianjurkan, agar tali pusat lepas dengan sendiri. Sebelum lepas tali pusat akan berubah warna menjadi kehitaman. Jangan sekali-kali mencabutnya, bahkan jika tali pusat telah terlihat hampir lepas.
 
Infeksi dan pencegahan
 
Proses penyembuhan memakan waktu sekitar tiga minggu, dan selama waktu ini, normal untuk melihat darah kering di sekitar tali pusat. Ibu mungkin harus menghubungi dokter jika bayi menjadi demam atau jika tali pusat lepas terlalu cepat, sehingga dapat menyebabkan pendarahan aktif.
 
Granuloma umbilical
 
Kadang-kadang, tali pusat akan membentuk suatu jaringan kecil kemerahan yang menyebabkan cairan kekuningan bocor keluar. Kondisi ini biasanya tidak memerlukan bantuan medis karena akan sembuh dalam waktu sekitar seminggu. Namun, jika ini tidak sembuh, Anda mungkin perlu untuk pergi ke dokter untuk membakar jaringan parut tersebut. (rep05)