Di Rohil, Terpantau Empat Titik Panas

Kamis, 30 Oktober 2014

Rohil-Menurut hasil rekaman Satelit Modis Terra dan Aqua pada Selasa (28/10) di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Riau, terdeteksi ada empat titik pabas (hotspot), lokasinya ada di Kecamatan Rimba Melintang.
 
"Empat titik panas yang terpantau itu antara lain di kecamatan Rimba Melintang sebanyak dua yakni di kepenghuluan Lenggadai Hulu dan kepenghuluan Rimba Melintang, di kecamatan Pujud satu hotspot tepatnya di kepenghuluan Air Hitam serta satu di Ujung Tanjung kecamatan Tanah Putih," kata Kabid Pengendalian Dampak Lingkungan Bapedal Rohil Suta Wirapraja, Rabu (29/10), di Bagansiapiapi.
 
Berbeda data yang dilansir satelit NOAA, menurut Wira hingga kemarin jumlah titik api yang terpantau masih nihil. Pengunaan kedua sumber pemantau titik panas tersebut memang berbeda mengingat tingkat akurasi masing-masing sistem yang berbeda juga. Sedangkan sebelumnya dalam beberapa hari terakhir kondisi di wilayah kabupaten Rohil dipastikan nihil dari titik api.
 
Kondisi di sejumlah tempat seperti Bagansiapiapi kecamatan Bangko belum terlihat adanya kabut asap. Aktifitas warga yang ada tampak berjalan seperti biasanya.
 
Seorang warga kelurahan Banjar XII, Ujung Tanjung, Usman mengatakan, belum adanya terlihat kabut asap di wilayah sekitar Rimbo Melintang,"Masih biasa udaranya, tidak ada kabut asap yang terlihat," jelasnya. (rep05)