Edited by Rohil Online Media
Hot News››

BPPT Tabur 3,9 Ton Garam di Riau

Jumat,07 Maret 2014 | 01:19:00
BPPT Tabur 3,9 Ton Garam di Riau
Ket Foto :
Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) telah menaburkan 3,9 ton garam untuk menyemai hujan buatan melalui teknologi modifikasi cuaca (TMC) di tiga kabupaten Provinsi Riau.
 
"Tiga daerah itu yakni Kabupaten Siak, Pelalawan dan Kuantan Singingi. Karena memang di daerah ini pertumbuhan awannya baik," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho kepada Antara di Pekanbaru, Jumat (7/3).
 
Penyemaian menurut dia telah dilakukan sejak Rabu (5/3) menggunakan pesawat Cassa yang telah tiba di Riau pada Selasa (4/3).
 
Untuk hari pertama, kata dia, dilakukan penyemaian sebanyak dua ton garam di atas Kabupaten Siak dan Pelalawan.
Kemudian pada Kamis (6/3), kata dia, kembali dilakukan penyemaian dengan 1,9 ton garam di atas Kabupaten Kuantan Singingi dan Pelalawan serta Siak.
 
Seluruhnya, demikian ujar Sutopo, dilakukan dengan empat kali sorti. Pada setiap sorti diangkut atau dilakukan penyemaian sebanyak satu ton garam.
 
Kepala BNPB Syamsul Maarif mengatakan, upaya TMC atau hujan buatan akan terus dilakukan hingga menghasilkan hujan yang cukup deras dan dipastikan mampu memadamkan titik kebakaran lahan.
 
"Namun patut diketahui juga, bahwa TMC tidak langsung memberikan dampak hujan, namun butuh proses dan waktu," katanya.
 
BNPB juga telah mengumpulkan seluruh kepala desa dan lurah dari berbagai kabupaten/kota di Provinsi Riau untuk diberikan pengarahan membangun embung atau cekungan penampung air (retention basin).
 
"Terutama di daerah-daerah rawan terjadi kebakaran lahan, selayaknya dibangun embung cukup besar sehingga saat terjadi kebakaran lahan, petugas tidak kesulitan untuk mencari sumber air," katanya.
 
Para kades itu diberikan pengarahan untuk bersama membangun embung dan cara lainnya untuk menanggulangi terjadinya kebakaran lahan di Riau.
 
Termasuk juga di kawasan perkebunan, hutan tanam industri, menurut dia juga laik dibangun embung agar memudahkan kerja petugas dalam memadamkan titik kebakaran lahan yang terjadi di sekitarnya.
 
Syamsul mengatakan, embung-embung tersebut sangat penting dibangun di seluruh pedesaan atau kawasan hutan dan lahan, karena belajar dari pengalaman, setiap upaya pemadaman kebakaran lahan selalu ketiadaan air menjadi kendalanya. (Rep01)
Tulis Komentar
Baca Berita Lainnya
Selasa,21 Oktober 2014 | 01:00:00 WIB

Ini Dia Penyebab Kenaikan Harga TBS di Riau

 Ini Dia Penyebab Kenaikan Harga TBS di Riau PEKANBARU - Pemerintah pusat akhir-akhir ini mengambil kebijakan menurunkan bea keluar (BK) terhadap minyak mentah kepala sawit (CPO) dan hal ini ternyata berdampak pada naiknya harga tandan buah segar (TBS) di Riau.   Hal itu dikatakan Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Riau, Drs Zulher MS dalam keterangannya Senin (20/10) di Pekanbaru terkait dengan telah sema....
Selasa,21 Oktober 2014 | 12:59:00 WIB

Komisi D DPRD Riau Sidak Proses Perbaikan Jembatan Siak III

 Komisi D DPRD Riau Sidak Proses Perbaikan Jembatan Siak III PEKANBARU - Komisi D, DPRD Riau, Senin (20/10) melaksanakan Sidak (Inspeksi Mendadak) terhadap pengerjaan Perbaikan Jembatan Siak III yang menghubungkan Jalan Panglima Undan dengan wilayah Kecamatan Rumbai untuk mengetahui secara pasti mengenai kondisi infrastruktur itu, apakah masih bisa digunakan atau tidak.   Sidak yang dilaksanakan setelah acara nonton bar....
Selasa,21 Oktober 2014 | 12:58:00 WIB

Malam Ini Bank Riaukepri Umumkan 15 Pemenang UMKM Award

Malam Ini Bank Riaukepri Umumkan 15 Pemenang UMKM Award Pekanbaru-Bank RiauKepri akan mengumumkan pemenang penghargaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) terbaik, Selasa (21/10/2014) malam ini di Hotel Pangeran. Pemenang terdiri atas 15 UMKM yang dikelompokkan atas 3 kategori.   Direktur Kredit dan Syariah BRK, Syafrial Abdullah saat konferensi pers di Bangi Kopitiam, Jalan Riau, Senin (20/10/2014) mengatakan, p....
Senin,20 Oktober 2014 | 02:54:00 WIB

Inhu Raih Medali Terbanyak Porprov 2014

Inhu Raih Medali Terbanyak Porprov 2014 Rengat,- Pekan Olahraga Provinsi Riau VIII yang digelar di lima kecamatan di Kabupaten Indragiri Hulu 2014 berjalan lancar, hingga Minggu (19/10) Inhu masih memimpin perolehan terbanyak. "Tuan rumah masih menjadi pemenang pertama yakni perolehan delapan emas, lima perak, delapan perunggu dengan totola 21 medali," kata Kepala Bagian Humas Setdakab Indragiri Hulu Jawalt....
Senin,20 Oktober 2014 | 12:56:00 WIB

Weleh, Motor di Pekanbaru Bakal tak Boleh Lewati Fly Over

 Weleh, Motor di Pekanbaru Bakal tak Boleh Lewati Fly Over Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Pekanbaru mewacanakan pelarangan bagi pengendara sepeda motor melintas di jalur fly over. Namun,  Dishubkominfo belum memastikan apakah wacana tersebut segera diwujudkan atau tidak.   Kepala Dishubkominfo Pekanbaru, Syafril menyatakan, wacana tersebut dilempar pihaknya bersama-sama dengan Satuan P....
Selasa,21 Oktober 2014 - 01:00:00 WIB

Ini Dia Penyebab Kenaikan Harga TBS di Riau

Selasa,21 Oktober 2014 - 01:00:00 WIB

Rupiah Unjuk Gigi Usai Jokowi Dilantik

Selasa,21 Oktober 2014 - 12:59:00 WIB

Mau Tahu Beda Tipe Orang Mental Kaya dan Mental Miskin?

Selasa,21 Oktober 2014 - 12:59:00 WIB

Ini Jadwal Pertandingan Grup Liga Champions

Selasa,21 Oktober 2014 - 12:58:00 WIB

Malam Ini Bank Riaukepri Umumkan 15 Pemenang UMKM Award

Selasa,21 Oktober 2014 - 01:46:00 WIB

Dikawal Paspampres, Ibunda Jokowi Ngaku Nggak Sreg