Edited by Rohil Online Media
Hot News››

BPPT Tabur 3,9 Ton Garam di Riau

Jumat,07 Maret 2014 | 01:19:00
BPPT Tabur 3,9 Ton Garam di Riau
Ket Foto :
Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) telah menaburkan 3,9 ton garam untuk menyemai hujan buatan melalui teknologi modifikasi cuaca (TMC) di tiga kabupaten Provinsi Riau.
 
"Tiga daerah itu yakni Kabupaten Siak, Pelalawan dan Kuantan Singingi. Karena memang di daerah ini pertumbuhan awannya baik," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho kepada Antara di Pekanbaru, Jumat (7/3).
 
Penyemaian menurut dia telah dilakukan sejak Rabu (5/3) menggunakan pesawat Cassa yang telah tiba di Riau pada Selasa (4/3).
 
Untuk hari pertama, kata dia, dilakukan penyemaian sebanyak dua ton garam di atas Kabupaten Siak dan Pelalawan.
Kemudian pada Kamis (6/3), kata dia, kembali dilakukan penyemaian dengan 1,9 ton garam di atas Kabupaten Kuantan Singingi dan Pelalawan serta Siak.
 
Seluruhnya, demikian ujar Sutopo, dilakukan dengan empat kali sorti. Pada setiap sorti diangkut atau dilakukan penyemaian sebanyak satu ton garam.
 
Kepala BNPB Syamsul Maarif mengatakan, upaya TMC atau hujan buatan akan terus dilakukan hingga menghasilkan hujan yang cukup deras dan dipastikan mampu memadamkan titik kebakaran lahan.
 
"Namun patut diketahui juga, bahwa TMC tidak langsung memberikan dampak hujan, namun butuh proses dan waktu," katanya.
 
BNPB juga telah mengumpulkan seluruh kepala desa dan lurah dari berbagai kabupaten/kota di Provinsi Riau untuk diberikan pengarahan membangun embung atau cekungan penampung air (retention basin).
 
"Terutama di daerah-daerah rawan terjadi kebakaran lahan, selayaknya dibangun embung cukup besar sehingga saat terjadi kebakaran lahan, petugas tidak kesulitan untuk mencari sumber air," katanya.
 
Para kades itu diberikan pengarahan untuk bersama membangun embung dan cara lainnya untuk menanggulangi terjadinya kebakaran lahan di Riau.
 
Termasuk juga di kawasan perkebunan, hutan tanam industri, menurut dia juga laik dibangun embung agar memudahkan kerja petugas dalam memadamkan titik kebakaran lahan yang terjadi di sekitarnya.
 
Syamsul mengatakan, embung-embung tersebut sangat penting dibangun di seluruh pedesaan atau kawasan hutan dan lahan, karena belajar dari pengalaman, setiap upaya pemadaman kebakaran lahan selalu ketiadaan air menjadi kendalanya. (Rep01)
Tulis Komentar
Baca Berita Lainnya
Selasa,24 Mei 2016 | 02:33:00 WIB

Selain Gubri, Rabu Besok Gubernur Sumut pun Ikut Dilantik

 Selain Gubri, Rabu Besok Gubernur Sumut pun Ikut Dilantik JAKARTA-Selain Gubernur Riau dan Kepulauan Riau defenitif, Rabu (25/5/2016) Presiden juga akan melantik Gubernur Sumatera Utara defenitif. Disebut defenitif karena ketiga gubernur ini sebelumnya dijabat oleh seorang pelaksana tugas. Jika Kepulauan Riau karena gubernur sebelumnya wafat, maka Riau dan Sumut karena tersangkut kasus dan sudah berkekuatan hukum tetap.   ....
Selasa,24 Mei 2016 | 02:30:00 WIB

Seleksi Calon Sekdaprov Diundur Pekan Depan

 Seleksi Calon Sekdaprov Diundur Pekan Depan PEKANBARU-Tiga panitia seleksi(pansel) calon Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau, Adrianov, M Yafiz dan Yulina  tak hadir. Dampaknya, jadwal seleksi kompetensi bidang yang berisi persentase dan wawancara , Senin (23/5) harus diundur menjadi pekan depan.   Ketua tim Pansel Sekdaprov, Mukhtar Ahmad mengatakan, tiga pansel tidak bisa hadir.Jadi sesuai ke....
Senin,23 Mei 2016 | 05:36:00 WIB

Jelang Ramadan, Warga Dilarang Ngasi Sumbangan ke Gepeng

 Jelang Ramadan, Warga Dilarang Ngasi Sumbangan ke Gepeng  Menjelang  bulan suci Ramadan 1437 Hijriah, jumlah gelandangan dan pengemis (Gepeng) diperkirakan akan mengalami peningkatan di Kota Bertuah.   Kepala Dinas Sosial dan Pemakaman (Dinsoskam) Kota Pekanbaru, Chairani, mengimbau masyarakat agar tidak memberikan sumbang kepada mereka.   "Jika masyarakat ingin memberik....
Rabu,11 Mei 2016 | 01:36:00 WIB

Weleh, 29 PNS Pelalawan Terjaring Saat Jam Kerja

Weleh, 29 PNS Pelalawan Terjaring Saat Jam Kerja Pelalawan-Sidak gabungan yang dilakukan Satpol PP dan BKD Kabupaten Pelalawan Selasa (10/5/2016) mendapati  29 oknum PNS yang bolos dari tempat  yang berbeda. Sidak ini dilakukan pada saat jam kerja berlangsung. Sekitar pukul 08.00 WIB sidak mulai bergerak ke tempat-tempat yang berbeda oleh Satpol PP dan BKD  Kabupaten Pelalawan.   Untuk menyurv....
Rabu,11 Mei 2016 | 01:29:00 WIB

Alhamdulillah, Kemenag Riau akan Gelar MTQ Mualaf 2016

Alhamdulillah, Kemenag Riau akan Gelar MTQ Mualaf 2016 PANGKAL PINANG -- Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau menggelar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Mualaf 2016, untuk mengasah pengetahuan muallaf terkait ajaran Islam."Saya menyambut baik kegiatan ini karena merupakan wujud visi dan misi Kementerian Agama dalam meningkatkan pemahaman dan pengamalan ajaran agama," kata Kepala Kanwil Kemenag Kepri Marwin Jamal dal....