Edited by Rohil Online Media
Hot News››

BPPT Tabur 3,9 Ton Garam di Riau

Jumat,07 Maret 2014 | 01:19:00
BPPT Tabur 3,9 Ton Garam di Riau
Ket Foto :
Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) telah menaburkan 3,9 ton garam untuk menyemai hujan buatan melalui teknologi modifikasi cuaca (TMC) di tiga kabupaten Provinsi Riau.
 
"Tiga daerah itu yakni Kabupaten Siak, Pelalawan dan Kuantan Singingi. Karena memang di daerah ini pertumbuhan awannya baik," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho kepada Antara di Pekanbaru, Jumat (7/3).
 
Penyemaian menurut dia telah dilakukan sejak Rabu (5/3) menggunakan pesawat Cassa yang telah tiba di Riau pada Selasa (4/3).
 
Untuk hari pertama, kata dia, dilakukan penyemaian sebanyak dua ton garam di atas Kabupaten Siak dan Pelalawan.
Kemudian pada Kamis (6/3), kata dia, kembali dilakukan penyemaian dengan 1,9 ton garam di atas Kabupaten Kuantan Singingi dan Pelalawan serta Siak.
 
Seluruhnya, demikian ujar Sutopo, dilakukan dengan empat kali sorti. Pada setiap sorti diangkut atau dilakukan penyemaian sebanyak satu ton garam.
 
Kepala BNPB Syamsul Maarif mengatakan, upaya TMC atau hujan buatan akan terus dilakukan hingga menghasilkan hujan yang cukup deras dan dipastikan mampu memadamkan titik kebakaran lahan.
 
"Namun patut diketahui juga, bahwa TMC tidak langsung memberikan dampak hujan, namun butuh proses dan waktu," katanya.
 
BNPB juga telah mengumpulkan seluruh kepala desa dan lurah dari berbagai kabupaten/kota di Provinsi Riau untuk diberikan pengarahan membangun embung atau cekungan penampung air (retention basin).
 
"Terutama di daerah-daerah rawan terjadi kebakaran lahan, selayaknya dibangun embung cukup besar sehingga saat terjadi kebakaran lahan, petugas tidak kesulitan untuk mencari sumber air," katanya.
 
Para kades itu diberikan pengarahan untuk bersama membangun embung dan cara lainnya untuk menanggulangi terjadinya kebakaran lahan di Riau.
 
Termasuk juga di kawasan perkebunan, hutan tanam industri, menurut dia juga laik dibangun embung agar memudahkan kerja petugas dalam memadamkan titik kebakaran lahan yang terjadi di sekitarnya.
 
Syamsul mengatakan, embung-embung tersebut sangat penting dibangun di seluruh pedesaan atau kawasan hutan dan lahan, karena belajar dari pengalaman, setiap upaya pemadaman kebakaran lahan selalu ketiadaan air menjadi kendalanya. (Rep01)
Tulis Komentar
Baca Berita Lainnya
Rabu,04 Mei 2016 | 06:23:00 WIB

Masya Allah..., Nenek Intan di Tebas Putus Kepalanya Saat Duduk di Kursi

  Masya Allah..., Nenek Intan di Tebas Putus Kepalanya Saat Duduk di Kursi PASIR PANGARAIAN - Seorang nenek berusia 60 tahun di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) bernama Intan, ditemukan tewas dengan kepala terpenggal di luar rumahnya di RT 01/ RW 02 Dusun Bukit Raya Desa Pematang Tebih, Kecamatan Ujungbatu, Selasa (3/5/2016) siang.   Diberitakan Rohultoday.com, nenek renta ini diduga dipenggal oleh cucunya berinisial Rsm (20). Kepala dan tubuh si nene....
Senin,02 Mei 2016 | 03:49:00 WIB

2016, Target PAD Pekanbaru di Sektor Pajak Rp 700 Miliar

2016,  Target PAD Pekanbaru di Sektor Pajak Rp 700 Miliar  PEKANBARU -- Pemerintah Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, menetapkan target Pendapatan Asli Daerah dari sektor pajak sebesar Rp 700 miliar pada 2016.   "Pemko sengaja menaikkan target PAD tahun ini, mengingat masih banyak sektor penerimaan yang belum maksimal digarap seperti pajak reklame, Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), restoran, ru....
Senin,02 Mei 2016 | 03:49:00 WIB

Hari Ini Hasil Administrasi Calon Sekdaprov Riau Diumumkan

Hari Ini Hasil Administrasi Calon Sekdaprov Riau Diumumkan Pekanbaru-Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKP2D) Riau, Asrizal mengatakan, pengumuman hasil administrasi calon Sekdaprov Riau akan diumumkan pada hari ini, Senin (2/5).    Dari 22 calon yang telah mendaftar tersebut, Asrizal memastikan ada yang tidak lulus, karena ada beberapa persyaratan yang tidak dipatuhinya. &nb....
Sabtu,30 April 2016 | 11:39:00 WIB

Kadispenda Riau Segera di Periksa Polda Riau

Kadispenda Riau Segera di Periksa Polda Riau PEKANBARU - Wakil Direktur Direktorat Reserse Kriminal Khusus Kepolisian Daereh Riau Ajun Komisaris Besar Ari Rahman Nafarin mengatakan penyidik kepolisian masih terus mendalami dugaan kasus penggelapan pajak kendaraan di Dinas Pendapatan Daerah Riau. untuk mendalami kasus ini Kadis Dispenda Riau akan segera di pangil. "Kasusnya terus kita selidiki," kata Ari Rahman, ....
Sabtu,30 April 2016 | 11:12:00 WIB

Wako Firdaus Gusar Terkait Temuan BPK

Wako Firdaus Gusar Terkait Temuan BPK PEKANBARU - Walikota Pekanbaru, Firdaus MT terlihat gusar saat ditanya terkait lambanya progres pengembalian mobil dinas yang menjadi temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Riau. Hasil pemeriksaan BPK dalam LHP atas LKPD Tahun 2014 terungka ada 28 mobil dinas masih dikuasai oleh mantan anggota DPRD Kota Pekanbaru dan mantan pejabat Pemko. Saat dikonfirmasi, Firdaus en....