Edited by Rohil Online Media
Hot News››

BPPT Tabur 3,9 Ton Garam di Riau

Jumat,07 Maret 2014 | 01:19:00
BPPT Tabur 3,9 Ton Garam di Riau
Ket Foto :
Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) telah menaburkan 3,9 ton garam untuk menyemai hujan buatan melalui teknologi modifikasi cuaca (TMC) di tiga kabupaten Provinsi Riau.
 
"Tiga daerah itu yakni Kabupaten Siak, Pelalawan dan Kuantan Singingi. Karena memang di daerah ini pertumbuhan awannya baik," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho kepada Antara di Pekanbaru, Jumat (7/3).
 
Penyemaian menurut dia telah dilakukan sejak Rabu (5/3) menggunakan pesawat Cassa yang telah tiba di Riau pada Selasa (4/3).
 
Untuk hari pertama, kata dia, dilakukan penyemaian sebanyak dua ton garam di atas Kabupaten Siak dan Pelalawan.
Kemudian pada Kamis (6/3), kata dia, kembali dilakukan penyemaian dengan 1,9 ton garam di atas Kabupaten Kuantan Singingi dan Pelalawan serta Siak.
 
Seluruhnya, demikian ujar Sutopo, dilakukan dengan empat kali sorti. Pada setiap sorti diangkut atau dilakukan penyemaian sebanyak satu ton garam.
 
Kepala BNPB Syamsul Maarif mengatakan, upaya TMC atau hujan buatan akan terus dilakukan hingga menghasilkan hujan yang cukup deras dan dipastikan mampu memadamkan titik kebakaran lahan.
 
"Namun patut diketahui juga, bahwa TMC tidak langsung memberikan dampak hujan, namun butuh proses dan waktu," katanya.
 
BNPB juga telah mengumpulkan seluruh kepala desa dan lurah dari berbagai kabupaten/kota di Provinsi Riau untuk diberikan pengarahan membangun embung atau cekungan penampung air (retention basin).
 
"Terutama di daerah-daerah rawan terjadi kebakaran lahan, selayaknya dibangun embung cukup besar sehingga saat terjadi kebakaran lahan, petugas tidak kesulitan untuk mencari sumber air," katanya.
 
Para kades itu diberikan pengarahan untuk bersama membangun embung dan cara lainnya untuk menanggulangi terjadinya kebakaran lahan di Riau.
 
Termasuk juga di kawasan perkebunan, hutan tanam industri, menurut dia juga laik dibangun embung agar memudahkan kerja petugas dalam memadamkan titik kebakaran lahan yang terjadi di sekitarnya.
 
Syamsul mengatakan, embung-embung tersebut sangat penting dibangun di seluruh pedesaan atau kawasan hutan dan lahan, karena belajar dari pengalaman, setiap upaya pemadaman kebakaran lahan selalu ketiadaan air menjadi kendalanya. (Rep01)
Tulis Komentar
Baca Berita Lainnya
Rabu,23 Juli 2014 | 03:17:00 WIB

Main Judi, Caleg Hanura di Inhu dipecat

Main Judi, Caleg Hanura di Inhu dipecat Pekanbaru - Suroto, Calon Legislatif (Caleg) terpilih dari partai Hanura terancam gagal duduk sebagai anggota DPRD Inhu yang bakal dilantik September 2014 mendatang. Pasalnya, Suroto yang memperoleh suara terbanyak untuk mengantarkannya ke kursi dewan, dipecat dari keanggotaannya partai Hanura, dikarenakan kasus tindak pidana judi yang dilakukannya.  ....
Rabu,23 Juli 2014 | 03:18:00 WIB

Gubri Instruksikan Puskesmas dan Masjid Buka 24 Jam Selama Lebaran

Gubri Instruksikan Puskesmas dan Masjid Buka 24 Jam Selama Lebaran Pekanbaru - Selama arus mudik, puskesmas dan masjid di Riau diminta aktif selama 24 jam. Selain memberikan pelayanan kesehatan, masjid juga difungsikan untuk tempat istirahat.   Demikian disampaikan Gubernur Riau, Annas Maamun, kepada wartawan, Rabu (23/7/2014) terkait berba....
Selasa,22 Juli 2014 | 03:01:00 WIB

Warga Riau Terancam Berlebaran dalam Kabut Asap

Warga Riau Terancam Berlebaran dalam Kabut Asap JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan warga Riau bisa saja berlebaran di tengah kabut asap jika pemerintah daerah dan masyarakat tidak pro aktif mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan di sana.   Hal ini dikatakan Kepala Pusat Data Informasi dan ....
Selasa,22 Juli 2014 | 03:01:00 WIB

Annas Maamun Minta Masyarakat Riau Bersatu Terima Hasil Pilpres

Annas Maamun Minta Masyarakat Riau Bersatu Terima Hasil Pilpres Pekanbaru - Jelang pengumuman KPU menentukan siapa pasangan Capres dan Cawapres yang menang masyarakat tetap bersatu.   Demikian disampaikan Gubernur Riau, Annas Maamun dalam perbincangan dengan wartawan, Senin (21/7/2014). Hal itu dia sampaikan jelang pengumuman KPU hasil P....
Senin,21 Juli 2014 | 04:12:00 WIB

Polda Riau Siapkan Sniper di Lokasi Rawan Kejahatan

Polda Riau Siapkan Sniper di Lokasi Rawan Kejahatan Pekanbaru - Polda Riau menyiapkan penembak jitu atau sniper di sejumlah lokasi rawan kejahatan pada musim mudik 2014.   "Titik-titik rawan kejahatan itu ada di sejumlah wilayah dan telah disiapkan pengamanan dini," kata Kapolda Riau Brigjen Condro Kirono di Pekanba....
Jumat,25 Juli 2014 - 04:56:00 WIB

Lawan Prabowo di MK, Jokowi Bawa 500 Pengacara

Jumat,25 Juli 2014 - 04:54:00 WIB

Resmi: Lampard Jadi Pemain New York City

Jumat,25 Juli 2014 - 04:49:00 WIB

Usai Lebaran, KPK akan Panggil Megawati

Jumat,25 Juli 2014 - 04:44:00 WIB

Bom Israel Hancurkan Sekolah PBB di Gaza, 9 Tewas

Jumat,25 Juli 2014 - 04:41:00 WIB

Nilai Rupiah Kembali Diuji

Jumat,25 Juli 2014 - 04:39:00 WIB

Wow, Jokowi Bakal Lelang Posisi Jabatan Menteri

Rabu,23 Juli 2014 - 03:17:00 WIB

Main Judi, Caleg Hanura di Inhu dipecat