Edited by Rohil Online Media
Hot News››

Ini Dia Nama Calon Cawapres Pendamping Jokowi

Minggu,16 Februari 2014 | 08:18:00
 Ini Dia Nama Calon Cawapres Pendamping Jokowi
Ket Foto :

Dalam berbagai survey elektabilitas calon presiden 2014 yang dilakukan oleh banyak lembaga survey, Jokowi selalu menempati nomor satu. Dukungan dari berbagai pihak agar Jokowi maju sebagai calon presiden juga terus bermunculan. Dalam berbagai kesempatan PDIP juga menyatakan bahwa Megawati sebagai pententu calon presiden dari PDIP mempertimbangkan Jokowi sebagai calon yang akan diajukan.

Jika Jokowi nanti diajukan sebagai calon presiden dari PDIP, pertanyaan yang kemudian muncul adalah, “Siapa sosok yang tepat untuk mendampingi Jokowi sebagai calon wakil presiden?”.

Dendi Susianto, pengamat politik dari Lembaga Kajian Politik Indonesia (LKPI) mengungkapkan,  ada beberapa kriteria untuk cawapres pendamping Jokowi. “Pertama, cawapres pendamping Jokowi harus bisa meningkatkan elektabilitas yang dimiliki Jokowi. Dalam politik tidak selalu satu ditambah satu sama dengan dua. Jika Jokowi dipasangkan dengan sosok yang tidak tepat, justru dapat mengurangi elektabilitas yang dimiliki oleh Jokowi,” ungkap Dendi dalam siaran persnya yang diterima ROL, Ahad (1/2).

Menurut Dendi, cawapres pendamping Jokowi harus lebih muda atau seumuran dengan Jokowi. Alasannya adalah yang pertama cawapres pendamping Jokowi harus bisa mengimbangi kecepatan kerja Jokowi. Kemudian yang kedua Jika cawapres pendamping Jokowi lebih senior dari Jokowi ditakutkan nanti akan muncul kendala psikologis Jokowi dalam hubungan kerja dengan cawapresnya.

“Kriteria selanjutnya adalah, cawapres pendamping Jokowi harus merupakan sosok yang bisa menutupi kekurangan atau kelemahan Jokowi. Misalnya, Jokowi sering dianggap sebagai sosok yang kurang konseptual, selanjutnya Jokowi dianggap kurang memiliki pergaulan internasional dan wawasan global. Cawapres pendamping Jokowi harus bisa menutupi kekurangan-kekurangan itu,”  jelas Dendi.

Saat ini menurut Dendi, wacana capres-cawapres yang mengedepankan Jawa-non Jawa, sipil – militer, dan Nasionalis – Islam, tidak lagi relevan. Indonesia saat ini membutuhkan capres dan cawapres yang dapat bekerja cepat untuk menyelesaikan berbagai persoalan yang ada. Oleh karena itu capres dan cawapres 2014 harus pasangan muda.

“Dari sisi usia, Rismaharini (52), Ahok (47), Ganjar (45), Puan (40), Anies Baswedan (44), Priyo Budi Santoso (48) memenuhi kriteria untuk menjadi cawapres pendamping Jokowi (52). Tinggal kita nilai apakah tokoh muda tersebut bisa meningkatkan elektabilitas bila dipasangkan dengan Jokowi, dan apakah tokoh tersebut bisa menutupi kekurangan-kekurangan Jokowi”, tutup Dendi. (rep05)

Tulis Komentar
Baca Berita Lainnya
Minggu,19 April 2015 | 03:25:00 WIB

Karena Batu Akik, Tommy Soeharto Dielu-elukan Jadi Presiden

Karena Batu Akik, Tommy Soeharto Dielu-elukan Jadi Presiden Jakarta-Putra dari Presiden kedua RI Soeharto, Hutomo "Tommy" Mandala Putra, berjanji akan mengangkat nilai jual batu akik di dunia internasional. Ia bahkan berjanji tidak akan membiarkan potensi nilai jual batu akik direbut oleh pihak asing.    Hal itu disampaikannya saat acara gala dinner dengan penggemar batu akik di Balai Panjang Museum Tama....
Sabtu,04 April 2015 | 03:01:00 WIB

Kisruh Golkar: Kubu Agung Laksono Kerahkan 35 Pengacara

 Kisruh Golkar:  Kubu Agung Laksono Kerahkan 35 Pengacara Jakarta-Ketua Umum Partai Golkar versi Munas Ancol Agung Laksono mengaku siap menghadapi gugatan kubu Aburizal Bakrie. Puluhan kuasa hukum dipersiapkan Agung untuk menghadapi gugatan tersebut.   "Kami punya jajaran tim hukum lebih dari 30 orang. Masing-masing akan fokus pada satu persoalan hukum," kata Agung, di Kantor DPP Golkar, Slipi, Jakarta Bara....
Sabtu,04 April 2015 | 01:29:00 WIB

Pimpinan DPR Jangan Ikut Campur Perebutan Fraksi Golkar

Pimpinan DPR Jangan Ikut Campur Perebutan Fraksi Golkar ....
Sabtu,04 April 2015 | 01:29:00 WIB

Target Nasdem di Pilkada 2015: Menang di 3 Kabupaten/Kota di Riau

Target Nasdem di Pilkada 2015: Menang di 3 Kabupaten/Kota di Riau PEKANBARU - DPW Nasdem Riau mentargetkan menang di tiga daerah kabupaten/kota yang akan mengikuti Pilkada Desember 2015 mendatang, yakni di Dumai, Kuantan Singingi, dan Rokan Hulu. Wakil Ketua DPW Nasdem Riau, Ilyas HU mengatakan, di Dumai terdapat sejumlah kader yang berpotensi, misalnya Zulkifli AS, dan Agus Widayat. Zulkifli AS merupakan mantan Wali Kota Dumai, sedangkan Agu....
Kamis,02 April 2015 | 01:46:00 WIB

Kata Pengamat, di Riau Golkar Masih yang Terkuat

Kata Pengamat, di Riau Golkar Masih yang Terkuat JAKARTA-Partai Golongan Karya, dinilai masih jadi kekuatan politik paling kuat di Provinsi Riau. Menjelang pemilihan kepala daerah serentak yang akan dilakukan beberapa daerah di Riau, partai berlambang pohon beringin itu dianggap paling siap dari sisi infrastruktur. Pengamat Politik dari Universitas Paramadina, Hendri Satrio mengatakan itu saat berbincang dengan GoRiau.com, di....
Minggu,19 April 2015 - 03:25:00 WIB

Juventus Semakin Dekat Genggam Scudetto

Minggu,19 April 2015 - 03:25:00 WIB

Wuih, Saat ini Pengguna WhatsApp Capai 800 Juta

Minggu,19 April 2015 - 03:25:00 WIB

Mantap, Kementerian Pariwisata akan Buat Film Bono Riau

Minggu,19 April 2015 - 03:25:00 WIB

Petani Menjerit, Harga TBS Anjlok Hingga 40 Persen

Minggu,19 April 2015 - 03:24:00 WIB

Gelar Liga Inggris Hampir Pasti Milik Chelsea

Minggu,19 April 2015 - 03:17:00 WIB

Semifinal Piala FA: Menunggu Aksi Gerrard Lagi

Sabtu,18 April 2015 - 02:47:00 WIB

Gila! Kecepatan Kereta Magnet Jepang Ukir Rekor Baru