Waspada, Pupuk Palsu Beredar di Bagan Batu
Edited by Rohil Online Media
Hot News››

Waspada, Pupuk Palsu Beredar di Bagan Batu

Senin,02 Desember 2013 | 01:32:00
Waspada, Pupuk Palsu Beredar di Bagan Batu
Ket Foto : ilustrasi/net
BAGAN BATU - Petani kelapa sawit di Bagan Batu, Kecamatan Bagan Sinembah diharap meningkatkan kewaspadaanya terhadap peredaran pupuk palsu sejak beberapa hari terakhir. Pasalnya, peredaran pupuk palsu itu mirip dengan aslinya. 
 
Demikian dimbauan ini disampaikan Kepala UPT Dinas Pertanian dan Peternakan, Bagan Sinembah, J Damanik, Sabtu (30/11/2013) akhir pekan lalu. 
 
"Kita tidak menafikkan kalau ada tersiar kabar banyak pupuk palsu beredar di pasaran. Hanya saja, sampai sejauh ini kita belum melihat dan mengetahui secara langsung. Namun demikian, informasinya pupuk palsu itu mirip dengan aslinya. Untuk itu kita minta para petani meningkatkan kewaspadaannya," imbau J Damanik. 
 
Dikatakannya, meski laporan yang masuk kepadanya dugaan peredaran pupuk subsidi yang disalah artikan. "Hal ini disebabkan, pupuk non subsidi harganya lebih mahal, jadi kemungkinan itulah yang menyebabkan sehingga pupuk subsidi pun dipalsukan dengan cara mengganti karungnya oleh oknum yang tak bertanggungjawab," terang Damanik.
 
Ditambahkannya, bahwa petani juga diminta untuk lebih jeli pada saat membeli pupuk tersebut. "Kita juga mengingatkan kepada para petani agar memeriksa nomor izin dan masa batas penggunaannya yang ada tertera di karung pupuknya," himbau J Damanik kembali.
 
Dan disamping itu dirinya juga menghimbau kepada seluruh pemilik toko pertanian yang ada agar tidak menjual pupuk yang telah kadaluarsa. 
 
"Karena dampak negatif yang akan dialami oleh petani itu jauh lebih besar. Jadi untuk itu kita mengimbau kepada toko-toko pertanian agar tidak menjual pupuk yang sudah kadaluarsa," himbau J Damanik lagi.
 
Dalam kesempatan itu, dirinya juga mengharapkan kepada pihak Dinas Pertanian dan Peternakan kabupaten Rokanhilir untuk dapat menurunkan tim guna pengambilan sampel seluruh pupuk yang dijual dipasaran.
 
"Kita juga meminta kepada pihak Distanak kabupaten Rokanhilir agar dapat mengambil sampel pupuk yang beredar di pasaran untuk dilakukan pengujian dilaboratorium. Hal ini kita lakukan untuk mengetahui mutu dan kualitas dari pupuk-pupuk itu sendiri," tandasnya. (rep1)
 
Tulis Komentar
Baca Berita Lainnya
Selasa,07 November 2017 | 10:53:00 WIB

Pemkab Rohil Fokus Sejahterakan Nelayan Lewat Budidaya Ikan dan Tambak Kerang

Pemkab Rohil Fokus Sejahterakan Nelayan Lewat Budidaya Ikan dan Tambak Kerang BAGANSIAPIAPI - rohilonline.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil) melalui dinas perikanan (Diskan) berupaya dengan maksimal untuk mensejahterakan kehidupan para nelayan. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan pengembangan perikanan program budidaya dan tambak kerang. Hal ini terbukti dengan adanya unit pengembangan atau balai benih ikan yang salah satun....
Rabu,15 November 2017 | 10:31:00 WIB

Bawaslu Bacakan Nasib 10 Parpol Tak Lolos KPU Pukul 15.30 Wib Siang Ini

Bawaslu Bacakan Nasib 10 Parpol Tak Lolos KPU Pukul 15.30 Wib Siang Ini JAKARTA - Persidangan sengketa pendaftaran dan verifikasi partai politik di Badan Pengawas Pemilu memasuki tahap akhir. Majelis Pemeriksa Bawaslu akan membacakan hasil putusan persidangan yang telah berjalan sejak 2 November 2017 itu pada Rabu, 15 November 2017. Anggota Bawaslu Ratna Dewi Pettalolo menyampaikan agenda pembacaan putusan itu seusai persidangan dengan agenda mende....
Senin,16 Oktober 2017 | 11:33:00 WIB

Kantor Camat di Rohil dibangun Megah dan Permanen

Kantor Camat di Rohil dibangun Megah dan Permanen ADVERTORIAL PEMBANGUNAN ROHIL BAGANSIAPIAPI – rohilonline.com - Salah satu kebutuhan penting dalam menjalankan roda pemerintahan, perlunya infratstruktur dan pembangunan pemerintah. Pembangunannya sesuai kebutuhan dan ketersediaan anggaran. pembangunan di bangun mulai dari tingkat Kabupaten sampai tingkat kepenghuluan/kelurahan. pembangunan pemerintahan dijadi....
Senin,09 Oktober 2017 | 11:20:00 WIB

2019, Pelayanan Air Minum di Rohil Akan Sergera Terpenuhi

2019, Pelayanan Air Minum di Rohil Akan Sergera Terpenuhi ADVERTORIAL PEMBANGUNAN ROHIL BAGANSIAPIAPI – rohilonline.com - Penyelenggaraan pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Dumai, Rokan Hilir, Bengkalis (Durolis) adalah upaya Pemerintah Provinsi Riau bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan ketiga Pemerintah Kabupaten/Kota yakni Kota Du....
Senin,25 September 2017 | 04:53:00 WIB

Pilgubri 2018, Andi Rachman terang-terangan Ingin Berpasangan Dengan Bupati Rohil

 Pilgubri 2018, Andi Rachman terang-terangan Ingin Berpasangan Dengan Bupati Rohil PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri), Arsyadjuliandi Rachman yang juga akan ikut dalam Pilkada Riau 2018 mengaku kagum dengan sosok Bupati Rokan Hilir (Rohil), Suyatno. Bahkan beliau menyampaikan akan mengajak Suyatno untuk mendampinginya nanti maju di Pilgubri 2018. "Kalau melihat Bupati Rohil tadi menyampaikan sambutan, beliau cocok menjadi wakil saya di Pilgubri 2018 nanti....