Edited by Rohil Online Media
Hot News››

Kilang Minyak Pertamina Dumai Terbakar

Selasa,26 November 2013 | 12:58:00
Kilang Minyak Pertamina Dumai Terbakar
Ket Foto : ilustrasi
DUMAI - Kilang minyak milik PT Pertamina RU II Dumai di Jalan Putri Tujuh Kecamatan Dumai, terbakar, Minggu (24/11/2013) malam. Tak ada korban jiwa dalam insiden ini, namun tiga pekerja dikabarkan menderita luka bakar. 
 
Sejauh ini, Public Relation Section Head PT Pertamina RU II Dumai, Yefrizon, belum mau berkomentar banyak soal insiden ini. Dia tak mau menyebutkan kejadian rinci maupun besarnya kerugian. "Tunggu saja rilis dari kami, sebentar lagi kami akan mengeluarkan rilis terkait insiden terbakarnya kilang pertamina biar beritanya seragam," kata Yefrizon.
 
Ketika disinggung adanya korban jiwa tewas, Yefrizon membantahnya. Dia menyebutkan kebakaran itu hanya insiden kecil saja. "Tidak ada yang meninggal, hanya 3 orang jadi korban kebakaran," katanya.
 
Para pekerja itu, lanjutnya, lansung dilarikan ke rumah sakit. Namun, dia enggan menyebutkan nama rumah sakit itu. "Dua pekerja suda keluar dari rumah sakit, satu mau diperiksa," jawabnya.
 
Kejadian ini juga dibenarkan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Dumai, Amiruddin. Dia mengaku mendapatkan secara lisan. "Secara lisan saya sudah mendapat kan informasi terbakarnya kilang pertamina dari bagian humas Pertamina RU II Dumai, namun secara resmi atau tertulis belum, dan Disnaker akan menunggu laporan tersebut," jelas Amiruddin.
 
Terkait penyebab kebakaran, Amiruddin mengaku belum mengetahuinya. "Karena belum menerima laporan tertulis, saya belum tau apa yang terbakar dan penyebab kebakaran itu. Kami masih menunggu laporan dari Pertamina RU II," akunya.
 
Terkait adanya korban luka bakar atas insiden tersebut, Amiruddin mengaku sudah melihatnya di rumah sakit. "Akibat kebakaran itu, tiga orang pekerja di kilang Pertamina mengalami luka bakar dan  langsung dilarikan ke RSUD Dumai. Saya sudah melihatnya dan mereka mengalami luka bakar ringan," katanya.
 
Sementara itu, Kapolres Dumai AKBP Yudi Kurniawan yang dihubungi melalui Kasat Reskrim, AKP Wisnu Widodo, mengaku belum menerima laporan insiden itu. "Kita belum menerima laporan soal kebakaran itu. Saya malah tau dari rekan-rekan media yang melakukan konfirmasi. Kalau sudah ada laporan masuk dari perusahaan itu, kita akan tindaklanjuti," kata Wisnu melalui telpon selulernya seperti dilansir dari riauterkini.com.
 
Dikatakan dia, jika ada korban jiwa, maka pihaknya akan menurunkan tim untuk melakukan olah tempat kejadian perkara. Karena, sudah menyakut hilangnya nyawa manusia. "Kalau memang benar ada korban jiwa pasti kita tindaklanjuti. Sebab ini menyakut tewasnya seseorang dalam melaksanakan pekerjaan di area perusahaan," jelas Wisnu Wibowo.
 
Di tempat terpisah, Ketua DPRD Dumai, Zainal Effendi, mengaku prihatin dengan insiden ini. Pasalnya, kejadian ini adalah yang ketiga kalinya dalam lima tahun terakhir. "Ini sudah ketiga kalinya lho, kok perusahaan sebesar Pertamina tidak membenahi sistem ini," ucap Zainal. 
 
Dikatakan Zainal Effendi, kilang minyak Pertamina itu merupakan objek vital dan perlu adanya penjagaan serius. Sebab, objek vital itu sangat rentan dengan musibah. "Pertamina jangan mencari untung saja. Perhatikan juga keamanan kilang minyak itu. Saya jadi khawatir dengan kondisi keselamatan ribuan pekerja di dalam area kilang itu. Apalagi sering terbakar seperti ini," ujar Zainal seperti dilansir riauterkini.com.
 
Zainal menyarankan PT Pertamina RU II Dumai menerapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) sebagaimana mestinya, sehingga kejadian seperti ini tidak terulang kembali. Dia juga meminta Disnakertrans Dumai menyelidiki kejadian ini. Bila ditemukan kelalaian sehingga mengancam keselamatan pekerja, Zainal minta BUMN itu ditindak tegas. 
 
"Disnaker harus menindak tegas perusahaan BUMN tersebut. Kejadian ini sudah ketiga kalinya. Jangan masalah ini dibiarkan begitu saja. Karena ini menyangkut keselamatan pekerja dan orang di area kilang minyak tersebut," pungka Zainal Effendi. (rep1) 
 
Tulis Komentar
Baca Berita Lainnya
Selasa,16 September 2014 | 10:58:00 WIB

Djoko Suyanto Diperiksa KPK Terkait Kasus Jero Wacik

Djoko Suyanto Diperiksa KPK Terkait Kasus Jero Wacik JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi memeriksa Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Djoko Suyanto dalam penyidikan kasus dugaan tindak pidana korupsi pemerasan pada sejumlah kegiatan di Kementerian ESDM, terkait jabatan Jero Wacik sebagai menteri Energi dan Sumber Daya Mineral 2011-2013.   ....
Selasa,16 September 2014 | 10:57:00 WIB

MA Perberat Hukuman Mantan Presiden PKS

MA Perberat Hukuman Mantan Presiden PKS  Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi mengapresiasi putusan Mahkamah Agung yang memperberat hukuman bekas Presiden Partai Keadilan Sejahtera Luthfi Hasan Ishaaq. Wakil Ketua KPK Busyro Muqoddas mengatakan bersyukur atas putusan MA terhadap Luthfi itu.   "Tentu KPK mens....
Senin,15 September 2014 | 10:37:00 WIB

40 Negara Dunia Mengeroyok ISIS

 40 Negara Dunia Mengeroyok ISIS ISIS dan bosnya, Abu Bakar al-Baghdadi, bukan hanya nakal. Juga kejam. Dan, kekejamannya telah membuat marah masyarakat internasional. Bayangkan: dua wartawan AS dipenggal lehernya. Suku minoritas Yazidi yang sudah tinggal ribuan tahun di Irak Utara diusir, dibunuh, dan dikejar-kejar. Beberapa perempuannya dijadikan budak seks. Alasannya, karena mereka non-Muslim.   ....
Minggu,14 September 2014 | 04:09:00 WIB

Target ISIS Selanjutnya: Mesir!

 Target ISIS Selanjutnya: Mesir! Kairo-Setelah kemajuan pesat dilancarkan kelompok militan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) pada musim panas ini, para pakar di Mesir mengatakan kelompok ekstremis itu, yang bertujuan untuk menggambar ulang peta Timur Tengah, mungkin sedang mengincar Negeri Sungai Nil itu.    "Pasti ada ancaman dari ISIS ke Mesir," ujar Mohammed Badr, seorang ....
Minggu,14 September 2014 | 10:28:00 WIB

Aneh, Israel Justru tak Masuk Koalisi Anti-ISIS

 Aneh, Israel Justru tak Masuk Koalisi Anti-ISIS Oposisi Pemerintah Israel menyatakan Perdana Menteri Benyamin Netanyahu adalah alasan utama Israel tak masuk koalisi Anti-ISIS. Penyebabnya jelas, menurut Partai Buruh Israel, karena Israel yang dipimpin kelompok sayap kanan selalu menolak berdamai dengan Palestina.   Dikutip dari laman Israel National News,  Ketua Partai Buruh, Yitzchak Herzog menyatakan....
Rabu,17 September 2014 - 05:38:00 WIB

PNS Rohil Dilarang Berpergian Keluar Kota Tanpa Izin Bupati.

Rabu,17 September 2014 - 05:32:00 WIB

Diskop akan serahkan 50 Bangunan Kedai ke PKL.

Rabu,17 September 2014 - 05:28:00 WIB

DPRD Sahkan APBDP Rohil 2014 Rp2,6 T.

Rabu,17 September 2014 - 02:31:00 WIB

Masyarakat Riau Khawatir Akan Kemunculan Kabut Asap

Rabu,17 September 2014 - 02:31:00 WIB

BNPB: Udara di 7 Wilayah Riau Tidak Sehat

Rabu,17 September 2014 - 02:30:00 WIB

PMI Riau Bagikan Ribuan Masker

Rabu,17 September 2014 - 02:31:00 WIB

Mahasiswa Tolak Amplop Pemberian Gubernur Riau

Rabu,17 September 2014 - 02:31:00 WIB

27 Perusahaan Kehutanan di Riau Rugikan Negara Rp 500 M

Rabu,17 September 2014 - 11:36:00 WIB

LIPI: Kabinet Profesional Jokowi Hanya Mimpi

Rabu,17 September 2014 - 11:39:00 WIB

Liga Champion: Lag-lagi Tevez Bawa Juventus Menang