Edited by Rohil Online Media
Hot News››

Kilang Minyak Pertamina Dumai Terbakar

Selasa,26 November 2013 | 12:58:00
Kilang Minyak Pertamina Dumai Terbakar
Ket Foto : ilustrasi
DUMAI - Kilang minyak milik PT Pertamina RU II Dumai di Jalan Putri Tujuh Kecamatan Dumai, terbakar, Minggu (24/11/2013) malam. Tak ada korban jiwa dalam insiden ini, namun tiga pekerja dikabarkan menderita luka bakar. 
 
Sejauh ini, Public Relation Section Head PT Pertamina RU II Dumai, Yefrizon, belum mau berkomentar banyak soal insiden ini. Dia tak mau menyebutkan kejadian rinci maupun besarnya kerugian. "Tunggu saja rilis dari kami, sebentar lagi kami akan mengeluarkan rilis terkait insiden terbakarnya kilang pertamina biar beritanya seragam," kata Yefrizon.
 
Ketika disinggung adanya korban jiwa tewas, Yefrizon membantahnya. Dia menyebutkan kebakaran itu hanya insiden kecil saja. "Tidak ada yang meninggal, hanya 3 orang jadi korban kebakaran," katanya.
 
Para pekerja itu, lanjutnya, lansung dilarikan ke rumah sakit. Namun, dia enggan menyebutkan nama rumah sakit itu. "Dua pekerja suda keluar dari rumah sakit, satu mau diperiksa," jawabnya.
 
Kejadian ini juga dibenarkan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Dumai, Amiruddin. Dia mengaku mendapatkan secara lisan. "Secara lisan saya sudah mendapat kan informasi terbakarnya kilang pertamina dari bagian humas Pertamina RU II Dumai, namun secara resmi atau tertulis belum, dan Disnaker akan menunggu laporan tersebut," jelas Amiruddin.
 
Terkait penyebab kebakaran, Amiruddin mengaku belum mengetahuinya. "Karena belum menerima laporan tertulis, saya belum tau apa yang terbakar dan penyebab kebakaran itu. Kami masih menunggu laporan dari Pertamina RU II," akunya.
 
Terkait adanya korban luka bakar atas insiden tersebut, Amiruddin mengaku sudah melihatnya di rumah sakit. "Akibat kebakaran itu, tiga orang pekerja di kilang Pertamina mengalami luka bakar dan  langsung dilarikan ke RSUD Dumai. Saya sudah melihatnya dan mereka mengalami luka bakar ringan," katanya.
 
Sementara itu, Kapolres Dumai AKBP Yudi Kurniawan yang dihubungi melalui Kasat Reskrim, AKP Wisnu Widodo, mengaku belum menerima laporan insiden itu. "Kita belum menerima laporan soal kebakaran itu. Saya malah tau dari rekan-rekan media yang melakukan konfirmasi. Kalau sudah ada laporan masuk dari perusahaan itu, kita akan tindaklanjuti," kata Wisnu melalui telpon selulernya seperti dilansir dari riauterkini.com.
 
Dikatakan dia, jika ada korban jiwa, maka pihaknya akan menurunkan tim untuk melakukan olah tempat kejadian perkara. Karena, sudah menyakut hilangnya nyawa manusia. "Kalau memang benar ada korban jiwa pasti kita tindaklanjuti. Sebab ini menyakut tewasnya seseorang dalam melaksanakan pekerjaan di area perusahaan," jelas Wisnu Wibowo.
 
Di tempat terpisah, Ketua DPRD Dumai, Zainal Effendi, mengaku prihatin dengan insiden ini. Pasalnya, kejadian ini adalah yang ketiga kalinya dalam lima tahun terakhir. "Ini sudah ketiga kalinya lho, kok perusahaan sebesar Pertamina tidak membenahi sistem ini," ucap Zainal. 
 
Dikatakan Zainal Effendi, kilang minyak Pertamina itu merupakan objek vital dan perlu adanya penjagaan serius. Sebab, objek vital itu sangat rentan dengan musibah. "Pertamina jangan mencari untung saja. Perhatikan juga keamanan kilang minyak itu. Saya jadi khawatir dengan kondisi keselamatan ribuan pekerja di dalam area kilang itu. Apalagi sering terbakar seperti ini," ujar Zainal seperti dilansir riauterkini.com.
 
Zainal menyarankan PT Pertamina RU II Dumai menerapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) sebagaimana mestinya, sehingga kejadian seperti ini tidak terulang kembali. Dia juga meminta Disnakertrans Dumai menyelidiki kejadian ini. Bila ditemukan kelalaian sehingga mengancam keselamatan pekerja, Zainal minta BUMN itu ditindak tegas. 
 
"Disnaker harus menindak tegas perusahaan BUMN tersebut. Kejadian ini sudah ketiga kalinya. Jangan masalah ini dibiarkan begitu saja. Karena ini menyangkut keselamatan pekerja dan orang di area kilang minyak tersebut," pungka Zainal Effendi. (rep1) 
 
Tulis Komentar
Baca Berita Lainnya
Kamis,04 Februari 2016 | 12:38:00 WIB

Wow, Rupanya Nazaruddin Masih Bisa Rapat Atur Proyek di Rutan

 Wow, Rupanya Nazaruddin Masih Bisa Rapat Atur Proyek di Rutan JAKARTA - Mantan Bendahara Umum Partai Demokrat, Muhammad Nazaruddin ternyata masih bisa mengatur sejumlah perusahaan miliknya meski tengah mendekam di balik jeruji besi. Dia menggelar rapat soal proyek yang digarap perusahaannya di Rumah Tahanan (Rutan) dengan memanggil para anak buahnya.   Mantan anak buah Nazar yang bekerja sebagai Marketing PT Anugerah Nus....
Kamis,04 Februari 2016 | 12:37:00 WIB

Trik Belang Sales di Dumai: Setubuhi Pacar beralasan Tes Perawan

Trik Belang Sales di Dumai: Setubuhi Pacar beralasan Tes Perawan DUMAI-Selang dua minggu pacaran, RI sudah berbuat yang tidak-tidak. Bermodus tes keperawanan, pria 23 tahun itu nekat menyetubuhi kekasihnya yang berinisial IR.   Tak hanya sekali. Perbuatan tidak senonoh itu terus berlanjut selama sepekan. Seingatnya, sudah tiga kali ia melakukan hubungan layaknya suami istri bersama wanita yang masih berusia 18 tahun tersebu....
Senin,01 Februari 2016 | 08:49:00 WIB

Rekaman CCTV Tunjukkan Jessica Sempat Pindahkan Gelas Kopi Mirna

 Rekaman CCTV Tunjukkan Jessica Sempat Pindahkan Gelas Kopi Mirna Tersangka kasus kematian Wayan Mirna Salihin (27), Jessica Kumala Wongso (27), terekam kamera closed-circuit television (CCTV) di Kafe Olivier memindahkan gelas berisi kopi untuk Mirna. Gelas itu disebut dua kali dipindahkan Jessica.   Selain itu, Jessica juga memegang tas miliknya.   Hal itu disampaikan Komisioner Kompolnas, Edi....
Selasa,26 Januari 2016 | 02:22:00 WIB

Pihak Lapas Bantah Kesehatan Annas Maamun Menurun

 Pihak Lapas Bantah Kesehatan Annas Maamun Menurun Pekanbaru-Pihak keluarga mengabarkan kondisi kesehatan Gubernur Riau (Gubri) nonaktif H Annas Maamun terus menurun setelah jantungnya melemah dan dilarikan ke rumah sakit setelah sempat dirawat di Klinik Lapas Sukamiskin, Ahad (24/1/2016) lalu.    Oleh karena itu, pihak keluarga dan kerabat mengharapkan doa seluruh masyarakat Riau untuk kesembuhan Annas M....
Kamis,21 Januari 2016 | 03:12:00 WIB

Pemerintah Serius Terbitkan Perppu Kebiri Predator Seks

Pemerintah Serius Terbitkan Perppu Kebiri Predator Seks Jakarta-Pemerintah berencana menerbitkan peraturan pemerintah pengganti Undang-Undang (Perppu) yang akan mengatur soal hukuman kebiri bagi pelaku kekerasan seksual pada anak. Hukuman tersebut diharapkan dapat memberikan efek jera pada pelaku.    ?"Pemerintah sangat serius bahwa predator ini harus diberikan sanksi lebih, yaitu salah satunya dikebiri d....
Sabtu,06 Februari 2016 - 01:41:00 WIB

Makodim 0321 Rohil Segera di Resmikan

Jumat,05 Februari 2016 - 11:37:00 WIB

Pemkab Rohil Bertekat Raih Predikat Kiblat Catur

Jumat,05 Februari 2016 - 07:32:00 WIB

Junaidi : Rohil Bebas Dari Virus Zika

Jumat,05 Februari 2016 - 05:15:00 WIB

Atlit Berprestasi Rohil Terima Reward

Jumat,05 Februari 2016 - 03:27:00 WIB

Pobsi Akan Datangkan Pelatihan Luar Negeri

Jumat,05 Februari 2016 - 02:39:00 WIB

Satpol PP Rutin Lakukan Pendataan Pengunjung