Edited by Rohil Online Media
Hot News››

Kilang Minyak Pertamina Dumai Terbakar

Selasa,26 November 2013 | 12:58:00
Kilang Minyak Pertamina Dumai Terbakar
Ket Foto : ilustrasi
DUMAI - Kilang minyak milik PT Pertamina RU II Dumai di Jalan Putri Tujuh Kecamatan Dumai, terbakar, Minggu (24/11/2013) malam. Tak ada korban jiwa dalam insiden ini, namun tiga pekerja dikabarkan menderita luka bakar. 
 
Sejauh ini, Public Relation Section Head PT Pertamina RU II Dumai, Yefrizon, belum mau berkomentar banyak soal insiden ini. Dia tak mau menyebutkan kejadian rinci maupun besarnya kerugian. "Tunggu saja rilis dari kami, sebentar lagi kami akan mengeluarkan rilis terkait insiden terbakarnya kilang pertamina biar beritanya seragam," kata Yefrizon.
 
Ketika disinggung adanya korban jiwa tewas, Yefrizon membantahnya. Dia menyebutkan kebakaran itu hanya insiden kecil saja. "Tidak ada yang meninggal, hanya 3 orang jadi korban kebakaran," katanya.
 
Para pekerja itu, lanjutnya, lansung dilarikan ke rumah sakit. Namun, dia enggan menyebutkan nama rumah sakit itu. "Dua pekerja suda keluar dari rumah sakit, satu mau diperiksa," jawabnya.
 
Kejadian ini juga dibenarkan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Dumai, Amiruddin. Dia mengaku mendapatkan secara lisan. "Secara lisan saya sudah mendapat kan informasi terbakarnya kilang pertamina dari bagian humas Pertamina RU II Dumai, namun secara resmi atau tertulis belum, dan Disnaker akan menunggu laporan tersebut," jelas Amiruddin.
 
Terkait penyebab kebakaran, Amiruddin mengaku belum mengetahuinya. "Karena belum menerima laporan tertulis, saya belum tau apa yang terbakar dan penyebab kebakaran itu. Kami masih menunggu laporan dari Pertamina RU II," akunya.
 
Terkait adanya korban luka bakar atas insiden tersebut, Amiruddin mengaku sudah melihatnya di rumah sakit. "Akibat kebakaran itu, tiga orang pekerja di kilang Pertamina mengalami luka bakar dan  langsung dilarikan ke RSUD Dumai. Saya sudah melihatnya dan mereka mengalami luka bakar ringan," katanya.
 
Sementara itu, Kapolres Dumai AKBP Yudi Kurniawan yang dihubungi melalui Kasat Reskrim, AKP Wisnu Widodo, mengaku belum menerima laporan insiden itu. "Kita belum menerima laporan soal kebakaran itu. Saya malah tau dari rekan-rekan media yang melakukan konfirmasi. Kalau sudah ada laporan masuk dari perusahaan itu, kita akan tindaklanjuti," kata Wisnu melalui telpon selulernya seperti dilansir dari riauterkini.com.
 
Dikatakan dia, jika ada korban jiwa, maka pihaknya akan menurunkan tim untuk melakukan olah tempat kejadian perkara. Karena, sudah menyakut hilangnya nyawa manusia. "Kalau memang benar ada korban jiwa pasti kita tindaklanjuti. Sebab ini menyakut tewasnya seseorang dalam melaksanakan pekerjaan di area perusahaan," jelas Wisnu Wibowo.
 
Di tempat terpisah, Ketua DPRD Dumai, Zainal Effendi, mengaku prihatin dengan insiden ini. Pasalnya, kejadian ini adalah yang ketiga kalinya dalam lima tahun terakhir. "Ini sudah ketiga kalinya lho, kok perusahaan sebesar Pertamina tidak membenahi sistem ini," ucap Zainal. 
 
Dikatakan Zainal Effendi, kilang minyak Pertamina itu merupakan objek vital dan perlu adanya penjagaan serius. Sebab, objek vital itu sangat rentan dengan musibah. "Pertamina jangan mencari untung saja. Perhatikan juga keamanan kilang minyak itu. Saya jadi khawatir dengan kondisi keselamatan ribuan pekerja di dalam area kilang itu. Apalagi sering terbakar seperti ini," ujar Zainal seperti dilansir riauterkini.com.
 
Zainal menyarankan PT Pertamina RU II Dumai menerapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) sebagaimana mestinya, sehingga kejadian seperti ini tidak terulang kembali. Dia juga meminta Disnakertrans Dumai menyelidiki kejadian ini. Bila ditemukan kelalaian sehingga mengancam keselamatan pekerja, Zainal minta BUMN itu ditindak tegas. 
 
"Disnaker harus menindak tegas perusahaan BUMN tersebut. Kejadian ini sudah ketiga kalinya. Jangan masalah ini dibiarkan begitu saja. Karena ini menyangkut keselamatan pekerja dan orang di area kilang minyak tersebut," pungka Zainal Effendi. (rep1) 
 
Tulis Komentar
Baca Berita Lainnya
Jumat,17 April 2015 | 06:56:00 WIB

Kasus Mario Tetap Jalan Walaupun Sudah Pulang,

 Kasus Mario  Tetap Jalan Walaupun Sudah Pulang, BAGANBATU - Mario Steven Ambarita yang sempat menghebohkan dunia penerbangan 7 April lalu kini sudah berada di rumahnya di Jalan Kapuas Baganbatu, Rokan Hilir. Pemuda berusia 21 tahun itu sudah berkumpul bersama orangtua dan keluarga lainnya. Pada 7 April lalu, Mario berhasil menyusup ke dalam bagian penyimpanan roda pesawat Garuda rute penerbangan Pekanbaru-Jakarta.  ....
Sabtu,04 April 2015 | 02:56:00 WIB

Marak di Batam, Prostitusi Anak di Bawah Umur Berkedok Panti Pijat

 Marak di Batam, Prostitusi Anak di Bawah Umur Berkedok Panti Pijat Batam-Ratusan panti pijat tak berizin marak di Batam. Ditengarai, panti pijat sudah lama beralih funsi menjadi tempat prostitusi terselubung yang mempekerjakan anak di bawah umur. Melihat kondisi ini Pemerintah Kota (Pemko) Batam gerah.   "Di wilayah Lubukbaja ada sekitar 50 tempat yang izinnya habis," ungkap anggota DPRD Kota Batam, Harmidi Umar Hus....
Sabtu,04 April 2015 | 01:32:00 WIB

Ini Kata Pakar Fikih Soal Menitipkan Orang Tua ke Panti Jompo

Ini Kata Pakar Fikih Soal Menitipkan Orang Tua ke Panti Jompo Di manakah nurani seorang anak yang tega bahkan karena alasan sibuk menitipkan orang tua mereka di panti jompo? Lantas bagaimana hukum fikih Islam menyikapi penitipan orang tua yang uzur ke panti jompo? Persoalan penempatan orangtua di panti jompo ini sebenarnya, pernah pula mengemuka di sidang ke-12 Komite Fikih Organisasi Kerjasama Islam (OKI). yang berlangsung di Riyad, Arab....
Sabtu,04 April 2015 | 01:34:00 WIB

Polisi Ringkus Dua Pemilik Seribu Butir Esktasi

 Polisi Ringkus Dua Pemilik Seribu Butir Esktasi PEKANBARU-Tak hanya sukses membongkar jaringan narkotika skala internasional dengan tangkapan 3 tersangka dan barang bukti 46,5 kg sabu-sabu, Direktorat Reserse Narkoba Polda Riau juga berhasil membekuk dua pengedar ribuan pil ekstasi di Kota Pekanbaru. Dua tersangka masing-masing, As (20) dan If (20) dibekuk petugas di Jalan Inpres, Kelurahan Maharatu, Kecamatan Marpoyan Damai....
Kamis,02 April 2015 | 01:44:00 WIB

Kejati akan Panggil Jaksa Wanita yang Selingkuh dengan Polisi

Kejati akan Panggil Jaksa Wanita yang Selingkuh dengan Polisi PEKANBARU- Kejaksaan Tinggi Riau segera memanggil dan memeriksa seorang Jaksa di Kejaksaan Negeri Pekanbaru berinisial ANP, dan seorang polisi Bripka DS, menyusul penggerebekan atas pasangan selingkuh tersebut, Rabu pekan lalu. "Kita jadwalkan pekan ini akan segera memanggil dan memintai keterangan kepada keduanya atas dugaan tersebut," kata Kepala Seksi Penerangan da....
Sabtu,18 April 2015 - 02:47:00 WIB

Gila! Kecepatan Kereta Magnet Jepang Ukir Rekor Baru

Sabtu,18 April 2015 - 08:49:00 WIB

Ramsey : Tekanan Arsenal Tak Sebesar Musim Lalu

Sabtu,18 April 2015 - 07:56:00 WIB

Tekad Jadi Bupati, Makmur Kembalikan Formulir Gerindra

Sabtu,18 April 2015 - 07:31:00 WIB

Jalan Tol Pekanbaru Dumai Panjangnya 129 Km

Sabtu,18 April 2015 - 07:27:00 WIB

Ini Dia Surat Mario Untuk Orangtuanya

Sabtu,18 April 2015 - 07:24:00 WIB

Meninggalkan Surat, Mario Kabur dari Rumahnya

Jumat,17 April 2015 - 06:56:00 WIB

Kasus Mario Tetap Jalan Walaupun Sudah Pulang,

Jumat,17 April 2015 - 06:54:00 WIB

PLTU Tenayan Raya Akhir Tahun Akan Beroperasi