Edited by Rohil Online Media
Hot News››

Kilang Minyak Pertamina Dumai Terbakar

Selasa,26 November 2013 | 12:58:00
Kilang Minyak Pertamina Dumai Terbakar
Ket Foto : ilustrasi
DUMAI - Kilang minyak milik PT Pertamina RU II Dumai di Jalan Putri Tujuh Kecamatan Dumai, terbakar, Minggu (24/11/2013) malam. Tak ada korban jiwa dalam insiden ini, namun tiga pekerja dikabarkan menderita luka bakar. 
 
Sejauh ini, Public Relation Section Head PT Pertamina RU II Dumai, Yefrizon, belum mau berkomentar banyak soal insiden ini. Dia tak mau menyebutkan kejadian rinci maupun besarnya kerugian. "Tunggu saja rilis dari kami, sebentar lagi kami akan mengeluarkan rilis terkait insiden terbakarnya kilang pertamina biar beritanya seragam," kata Yefrizon.
 
Ketika disinggung adanya korban jiwa tewas, Yefrizon membantahnya. Dia menyebutkan kebakaran itu hanya insiden kecil saja. "Tidak ada yang meninggal, hanya 3 orang jadi korban kebakaran," katanya.
 
Para pekerja itu, lanjutnya, lansung dilarikan ke rumah sakit. Namun, dia enggan menyebutkan nama rumah sakit itu. "Dua pekerja suda keluar dari rumah sakit, satu mau diperiksa," jawabnya.
 
Kejadian ini juga dibenarkan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Dumai, Amiruddin. Dia mengaku mendapatkan secara lisan. "Secara lisan saya sudah mendapat kan informasi terbakarnya kilang pertamina dari bagian humas Pertamina RU II Dumai, namun secara resmi atau tertulis belum, dan Disnaker akan menunggu laporan tersebut," jelas Amiruddin.
 
Terkait penyebab kebakaran, Amiruddin mengaku belum mengetahuinya. "Karena belum menerima laporan tertulis, saya belum tau apa yang terbakar dan penyebab kebakaran itu. Kami masih menunggu laporan dari Pertamina RU II," akunya.
 
Terkait adanya korban luka bakar atas insiden tersebut, Amiruddin mengaku sudah melihatnya di rumah sakit. "Akibat kebakaran itu, tiga orang pekerja di kilang Pertamina mengalami luka bakar dan  langsung dilarikan ke RSUD Dumai. Saya sudah melihatnya dan mereka mengalami luka bakar ringan," katanya.
 
Sementara itu, Kapolres Dumai AKBP Yudi Kurniawan yang dihubungi melalui Kasat Reskrim, AKP Wisnu Widodo, mengaku belum menerima laporan insiden itu. "Kita belum menerima laporan soal kebakaran itu. Saya malah tau dari rekan-rekan media yang melakukan konfirmasi. Kalau sudah ada laporan masuk dari perusahaan itu, kita akan tindaklanjuti," kata Wisnu melalui telpon selulernya seperti dilansir dari riauterkini.com.
 
Dikatakan dia, jika ada korban jiwa, maka pihaknya akan menurunkan tim untuk melakukan olah tempat kejadian perkara. Karena, sudah menyakut hilangnya nyawa manusia. "Kalau memang benar ada korban jiwa pasti kita tindaklanjuti. Sebab ini menyakut tewasnya seseorang dalam melaksanakan pekerjaan di area perusahaan," jelas Wisnu Wibowo.
 
Di tempat terpisah, Ketua DPRD Dumai, Zainal Effendi, mengaku prihatin dengan insiden ini. Pasalnya, kejadian ini adalah yang ketiga kalinya dalam lima tahun terakhir. "Ini sudah ketiga kalinya lho, kok perusahaan sebesar Pertamina tidak membenahi sistem ini," ucap Zainal. 
 
Dikatakan Zainal Effendi, kilang minyak Pertamina itu merupakan objek vital dan perlu adanya penjagaan serius. Sebab, objek vital itu sangat rentan dengan musibah. "Pertamina jangan mencari untung saja. Perhatikan juga keamanan kilang minyak itu. Saya jadi khawatir dengan kondisi keselamatan ribuan pekerja di dalam area kilang itu. Apalagi sering terbakar seperti ini," ujar Zainal seperti dilansir riauterkini.com.
 
Zainal menyarankan PT Pertamina RU II Dumai menerapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) sebagaimana mestinya, sehingga kejadian seperti ini tidak terulang kembali. Dia juga meminta Disnakertrans Dumai menyelidiki kejadian ini. Bila ditemukan kelalaian sehingga mengancam keselamatan pekerja, Zainal minta BUMN itu ditindak tegas. 
 
"Disnaker harus menindak tegas perusahaan BUMN tersebut. Kejadian ini sudah ketiga kalinya. Jangan masalah ini dibiarkan begitu saja. Karena ini menyangkut keselamatan pekerja dan orang di area kilang minyak tersebut," pungka Zainal Effendi. (rep1) 
 
Tulis Komentar
Baca Berita Lainnya
Rabu,27 Agustus 2014 | 08:53:00 WIB

Ketua MK Hamdan Zoelva Jadi Idola Baru Kaum Hawa

 Ketua MK Hamdan Zoelva Jadi Idola Baru Kaum Hawa Jakarta-Sidang gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) 2014 yang digelar Mahkamah Konstitusi (MK) menyisakan cerita menarik. Kisah ini bukan seputar adu argumen kubu pemohon, termohon dan terkait.   Tapi soal sosok pria yang duduk di posisi tengah deretan hakim konstitusi. Siapa lagi kalau bukan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Hamdan Zoelva. ....
Selasa,26 Agustus 2014 | 01:17:00 WIB

Mbak Tutut Klaim Resmi Jadi Pemilik Sah TPI

 Mbak Tutut Klaim Resmi Jadi Pemilik Sah TPI Jakarta-Kubu Siti Hardiyanti Rukmana alias mbak Tutut, mengklaim telah sah sebagai pemilik resmi PT Citra Televisi Pendidikan Indonesia (PT CTPI).  Hal itu berdasar, bahwa putri mantan presiden Soeharto itu  telah melakukan pencatatan perubahan data perizinan di Kementerian Komunikasi dan Informatika.   "Sesuai surat dari kementerian komunikasi ....
Selasa,26 Agustus 2014 | 01:17:00 WIB

Hari Ini, Sidang Perdana Kasus Kejahatan Seksual di JIS

 Hari Ini, Sidang Perdana Kasus Kejahatan Seksual di JIS Jakarta-Sidang perdana kasus kekerasan seksual yang terjadi di lingkungan Jakarta International School (JIS) akan digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (26/8/2014) pukul 10.00 WIB.    Sidang yang beragendakan pembacaan dakwaan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) akan menghadirkan Agun, petugas kebersihan JIS, sebagai terdakwa. Keempat tersangka ....
Selasa,26 Agustus 2014 | 01:16:00 WIB

Rupanya Panglima ISIS Jebolan UIN

 Rupanya Panglima ISIS Jebolan UIN Dia mengenakan sorban hitam di kepala. Di tangannya ada kertas putih dia gunakan untuk mengajak warga Indonesia berjihad mendukung Negara islam Irak dan Syam (ISIS). Sementara di sisi kiri dan kanan serta belakang, berderet pria bersenjata laras panjang sejenis AK-47.   Semua lelaki itu berwajah Indonesia. Rekaman video berjudul Join the Ranks itu berdurasi ku....
Senin,25 Agustus 2014 | 09:49:00 WIB

Giliran Pangkalan Udara Suriah Dikuasai ISIS

 Giliran Pangkalan Udara Suriah Dikuasai ISIS TAQBA - Kelompok militan Islamic State of Iraq and Syiria (ISIS) dilaporkan berhasil merebut pangkalan udara di Suriah pada Minggu 24  Agustus 2014. Perebutan ini terjadi usai pasukan pemerintah melakukan pertempuran dengan kelompok ISIS di Pangkalan Udara Taqba, Suriah.   Melansir dari Reuters, Senin (25/8/2014), seorang saksi mata mengatakan dekat Kota ....
Rabu,27 Agustus 2014 - 06:49:00 WIB

Avanza Veloz Getol Rayu Kaum Muda

Rabu,27 Agustus 2014 - 06:49:00 WIB

Masa Sih, Makin Cerdas Makin Rentan Gangguan Mental

Rabu,27 Agustus 2014 - 06:49:00 WIB

Presiden SBY: Mau Membantu, Kok Dibilang Ngerecoki

Rabu,27 Agustus 2014 - 06:48:00 WIB

Kata Siapa Jalan-jalan ke Eropa Mahal

Rabu,27 Agustus 2014 - 06:48:00 WIB

Pertamina Tambah Pasokan BBM untuk Riau

Rabu,27 Agustus 2014 - 06:47:00 WIB

Harga Elpiji Tabung 3 Kilogram Naik

Rabu,27 Agustus 2014 - 06:48:00 WIB

Stok BBM Subsidi di Pekanbaru Kembali Normal

Rabu,27 Agustus 2014 - 06:36:00 WIB

Para Bankir Juga Setuju Harga BBM Dinaikkan

Rabu,27 Agustus 2014 - 08:53:00 WIB

Target Adipati Dolken Setelah Sabet Piala Citra

Rabu,27 Agustus 2014 - 08:53:00 WIB

Ketua MK Hamdan Zoelva Jadi Idola Baru Kaum Hawa