Edited by Rohil Online Media
Hot News››

Kilang Minyak Pertamina Dumai Terbakar

Selasa,26 November 2013 | 12:58:00
Kilang Minyak Pertamina Dumai Terbakar
Ket Foto : ilustrasi
DUMAI - Kilang minyak milik PT Pertamina RU II Dumai di Jalan Putri Tujuh Kecamatan Dumai, terbakar, Minggu (24/11/2013) malam. Tak ada korban jiwa dalam insiden ini, namun tiga pekerja dikabarkan menderita luka bakar. 
 
Sejauh ini, Public Relation Section Head PT Pertamina RU II Dumai, Yefrizon, belum mau berkomentar banyak soal insiden ini. Dia tak mau menyebutkan kejadian rinci maupun besarnya kerugian. "Tunggu saja rilis dari kami, sebentar lagi kami akan mengeluarkan rilis terkait insiden terbakarnya kilang pertamina biar beritanya seragam," kata Yefrizon.
 
Ketika disinggung adanya korban jiwa tewas, Yefrizon membantahnya. Dia menyebutkan kebakaran itu hanya insiden kecil saja. "Tidak ada yang meninggal, hanya 3 orang jadi korban kebakaran," katanya.
 
Para pekerja itu, lanjutnya, lansung dilarikan ke rumah sakit. Namun, dia enggan menyebutkan nama rumah sakit itu. "Dua pekerja suda keluar dari rumah sakit, satu mau diperiksa," jawabnya.
 
Kejadian ini juga dibenarkan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Dumai, Amiruddin. Dia mengaku mendapatkan secara lisan. "Secara lisan saya sudah mendapat kan informasi terbakarnya kilang pertamina dari bagian humas Pertamina RU II Dumai, namun secara resmi atau tertulis belum, dan Disnaker akan menunggu laporan tersebut," jelas Amiruddin.
 
Terkait penyebab kebakaran, Amiruddin mengaku belum mengetahuinya. "Karena belum menerima laporan tertulis, saya belum tau apa yang terbakar dan penyebab kebakaran itu. Kami masih menunggu laporan dari Pertamina RU II," akunya.
 
Terkait adanya korban luka bakar atas insiden tersebut, Amiruddin mengaku sudah melihatnya di rumah sakit. "Akibat kebakaran itu, tiga orang pekerja di kilang Pertamina mengalami luka bakar dan  langsung dilarikan ke RSUD Dumai. Saya sudah melihatnya dan mereka mengalami luka bakar ringan," katanya.
 
Sementara itu, Kapolres Dumai AKBP Yudi Kurniawan yang dihubungi melalui Kasat Reskrim, AKP Wisnu Widodo, mengaku belum menerima laporan insiden itu. "Kita belum menerima laporan soal kebakaran itu. Saya malah tau dari rekan-rekan media yang melakukan konfirmasi. Kalau sudah ada laporan masuk dari perusahaan itu, kita akan tindaklanjuti," kata Wisnu melalui telpon selulernya seperti dilansir dari riauterkini.com.
 
Dikatakan dia, jika ada korban jiwa, maka pihaknya akan menurunkan tim untuk melakukan olah tempat kejadian perkara. Karena, sudah menyakut hilangnya nyawa manusia. "Kalau memang benar ada korban jiwa pasti kita tindaklanjuti. Sebab ini menyakut tewasnya seseorang dalam melaksanakan pekerjaan di area perusahaan," jelas Wisnu Wibowo.
 
Di tempat terpisah, Ketua DPRD Dumai, Zainal Effendi, mengaku prihatin dengan insiden ini. Pasalnya, kejadian ini adalah yang ketiga kalinya dalam lima tahun terakhir. "Ini sudah ketiga kalinya lho, kok perusahaan sebesar Pertamina tidak membenahi sistem ini," ucap Zainal. 
 
Dikatakan Zainal Effendi, kilang minyak Pertamina itu merupakan objek vital dan perlu adanya penjagaan serius. Sebab, objek vital itu sangat rentan dengan musibah. "Pertamina jangan mencari untung saja. Perhatikan juga keamanan kilang minyak itu. Saya jadi khawatir dengan kondisi keselamatan ribuan pekerja di dalam area kilang itu. Apalagi sering terbakar seperti ini," ujar Zainal seperti dilansir riauterkini.com.
 
Zainal menyarankan PT Pertamina RU II Dumai menerapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) sebagaimana mestinya, sehingga kejadian seperti ini tidak terulang kembali. Dia juga meminta Disnakertrans Dumai menyelidiki kejadian ini. Bila ditemukan kelalaian sehingga mengancam keselamatan pekerja, Zainal minta BUMN itu ditindak tegas. 
 
"Disnaker harus menindak tegas perusahaan BUMN tersebut. Kejadian ini sudah ketiga kalinya. Jangan masalah ini dibiarkan begitu saja. Karena ini menyangkut keselamatan pekerja dan orang di area kilang minyak tersebut," pungka Zainal Effendi. (rep1) 
 
Tulis Komentar
Baca Berita Lainnya
Kamis,24 April 2014 | 02:17:00 WIB

MS Kaban Diduga Lima Kali Terima Suap dari Anggoro

 MS Kaban Diduga Lima Kali Terima Suap dari Anggoro Jakarta-Ketua Umum Partai Bulan Bintang, MS Kaban, diduga menerima aliran uang suap dari PT Masaro Radiokom saat dirinya menjabat sebagai Menteri Kehutanan periode 2004-2009. Kaban, dikatakan menerima suap dari bos PT Masaro, Anggoro Widjojo terkait dengan proyek kegiatan revitalisasi sistem komunikasi radio terpadu (SKRT) di Kemenhut pada 2007.   Jaksa KPK An....
Kamis,24 April 2014 | 02:16:00 WIB

Biadab, Tahun Lalu Siswa JIS Juga Diperkosa hingga Pingsan

 Biadab, Tahun Lalu Siswa JIS Juga Diperkosa hingga Pingsan Jakarta-Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Asrorun Ni'am Sholeh mengatakan bahwa tahun lalu ada siswa SD Jakarta Internasional School (JIS) yang diperkosa di sekolah.   Tetapi sekolah internasional di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan itu menutupinya dan tidak melaporkan kasus pemerkosaan ini ke polisi.   "D....
Kamis,24 April 2014 | 02:16:00 WIB

Astagfirullah, di Sumut Ada Bayi Lahir Berkepala Dua

 Astagfirullah, di Sumut Ada Bayi Lahir Berkepala Dua Medan-Seorang bayi berkepala dua lahir di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara (Sumut), Rabu, 23 April 2014. Saat ini, bayi laki-laki yang belum memiliki nama itu menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Umum (RSU) Pirngadi Medan.    Bayi berkepala dua itu merupakan anak ketiga pasangan Poniman (34 tahun) dan Lasmini (32 tahun), warga Desa Telaga Said, Ke....
Kamis,24 April 2014 | 02:16:00 WIB

KPAI: Korban Kedua JIS Terjadi di Ruang Kelas

 KPAI: Korban Kedua JIS Terjadi di Ruang Kelas Jakarta-Korban kedua kejahatan seksual di Jakarta International School (JIS) mengaku mengalami tindakan asusila itu di ruang kelas. Hal itu dikatakan Sekretaris Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Erlinda.   "Korban kedua ini mengatakan mengalami pelecehan di dalam toilet dan juga ruang kelas. Ada satu pelaku baru selain dua pelaku yang sudah ditang....
Rabu,23 April 2014 | 11:21:00 WIB

Terungkap! Mantan Guru JIS Ternyata Pernah Perkosa 90 Bocah

Terungkap! Mantan Guru JIS Ternyata Pernah Perkosa 90 Bocah Rohilonline.com - FBI merilis bahwa mereka kini sedang menangani salah satu kasus kekerasan seksual terburuk yang menimpa anak. Pelaku diketahui bernama William James Vahey, (64 tahun) asal South Carolina. FBI menduga Vahey sudah memperkosa 90 anak. Jumlah ini bahkan diprediksi melonjak.   ....
Kamis,24 April 2014 - 02:21:00 WIB

Lagi, Australia Temukan Benda Diduga Puing MH370

Kamis,24 April 2014 - 02:21:00 WIB

Situasi Sangat Mempengaruhi Hasrat Seksual Wanita

Kamis,24 April 2014 - 02:21:00 WIB

Pasca Kisruh PPP, Nama Mahfud MD Mencuat

Kamis,24 April 2014 - 02:20:00 WIB

Artis Cantik Marissa Haque Juga Gagal ke Senayan

Kamis,24 April 2014 - 02:20:00 WIB

Inilah 2 Nama Calon Kuat Pendamping Jokowi

Kamis,24 April 2014 - 02:20:00 WIB

Akhirnya Suryadharma Ali: Saya Minta Maaf