Edited by Rohil Online Media
Hot News››

Kilang Minyak Pertamina Dumai Terbakar

Selasa,26 November 2013 | 12:58:00
Kilang Minyak Pertamina Dumai Terbakar
Ket Foto : ilustrasi
DUMAI - Kilang minyak milik PT Pertamina RU II Dumai di Jalan Putri Tujuh Kecamatan Dumai, terbakar, Minggu (24/11/2013) malam. Tak ada korban jiwa dalam insiden ini, namun tiga pekerja dikabarkan menderita luka bakar. 
 
Sejauh ini, Public Relation Section Head PT Pertamina RU II Dumai, Yefrizon, belum mau berkomentar banyak soal insiden ini. Dia tak mau menyebutkan kejadian rinci maupun besarnya kerugian. "Tunggu saja rilis dari kami, sebentar lagi kami akan mengeluarkan rilis terkait insiden terbakarnya kilang pertamina biar beritanya seragam," kata Yefrizon.
 
Ketika disinggung adanya korban jiwa tewas, Yefrizon membantahnya. Dia menyebutkan kebakaran itu hanya insiden kecil saja. "Tidak ada yang meninggal, hanya 3 orang jadi korban kebakaran," katanya.
 
Para pekerja itu, lanjutnya, lansung dilarikan ke rumah sakit. Namun, dia enggan menyebutkan nama rumah sakit itu. "Dua pekerja suda keluar dari rumah sakit, satu mau diperiksa," jawabnya.
 
Kejadian ini juga dibenarkan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Dumai, Amiruddin. Dia mengaku mendapatkan secara lisan. "Secara lisan saya sudah mendapat kan informasi terbakarnya kilang pertamina dari bagian humas Pertamina RU II Dumai, namun secara resmi atau tertulis belum, dan Disnaker akan menunggu laporan tersebut," jelas Amiruddin.
 
Terkait penyebab kebakaran, Amiruddin mengaku belum mengetahuinya. "Karena belum menerima laporan tertulis, saya belum tau apa yang terbakar dan penyebab kebakaran itu. Kami masih menunggu laporan dari Pertamina RU II," akunya.
 
Terkait adanya korban luka bakar atas insiden tersebut, Amiruddin mengaku sudah melihatnya di rumah sakit. "Akibat kebakaran itu, tiga orang pekerja di kilang Pertamina mengalami luka bakar dan  langsung dilarikan ke RSUD Dumai. Saya sudah melihatnya dan mereka mengalami luka bakar ringan," katanya.
 
Sementara itu, Kapolres Dumai AKBP Yudi Kurniawan yang dihubungi melalui Kasat Reskrim, AKP Wisnu Widodo, mengaku belum menerima laporan insiden itu. "Kita belum menerima laporan soal kebakaran itu. Saya malah tau dari rekan-rekan media yang melakukan konfirmasi. Kalau sudah ada laporan masuk dari perusahaan itu, kita akan tindaklanjuti," kata Wisnu melalui telpon selulernya seperti dilansir dari riauterkini.com.
 
Dikatakan dia, jika ada korban jiwa, maka pihaknya akan menurunkan tim untuk melakukan olah tempat kejadian perkara. Karena, sudah menyakut hilangnya nyawa manusia. "Kalau memang benar ada korban jiwa pasti kita tindaklanjuti. Sebab ini menyakut tewasnya seseorang dalam melaksanakan pekerjaan di area perusahaan," jelas Wisnu Wibowo.
 
Di tempat terpisah, Ketua DPRD Dumai, Zainal Effendi, mengaku prihatin dengan insiden ini. Pasalnya, kejadian ini adalah yang ketiga kalinya dalam lima tahun terakhir. "Ini sudah ketiga kalinya lho, kok perusahaan sebesar Pertamina tidak membenahi sistem ini," ucap Zainal. 
 
Dikatakan Zainal Effendi, kilang minyak Pertamina itu merupakan objek vital dan perlu adanya penjagaan serius. Sebab, objek vital itu sangat rentan dengan musibah. "Pertamina jangan mencari untung saja. Perhatikan juga keamanan kilang minyak itu. Saya jadi khawatir dengan kondisi keselamatan ribuan pekerja di dalam area kilang itu. Apalagi sering terbakar seperti ini," ujar Zainal seperti dilansir riauterkini.com.
 
Zainal menyarankan PT Pertamina RU II Dumai menerapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) sebagaimana mestinya, sehingga kejadian seperti ini tidak terulang kembali. Dia juga meminta Disnakertrans Dumai menyelidiki kejadian ini. Bila ditemukan kelalaian sehingga mengancam keselamatan pekerja, Zainal minta BUMN itu ditindak tegas. 
 
"Disnaker harus menindak tegas perusahaan BUMN tersebut. Kejadian ini sudah ketiga kalinya. Jangan masalah ini dibiarkan begitu saja. Karena ini menyangkut keselamatan pekerja dan orang di area kilang minyak tersebut," pungka Zainal Effendi. (rep1) 
 
Tulis Komentar
Baca Berita Lainnya
Senin,03 Agustus 2015 | 12:27:00 WIB

Innalilahi, Dua Mahasiswa UIN Meninggal saat KKN

 Innalilahi, Dua Mahasiswa UIN Meninggal saat KKN Pekanbaru-Dua mahasiswa dari Pekanbaru yang yang sedang Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kabupaten Kuantan Singingi tewas. Keduanya adalah Tarmizi Kordes (22) dan Khairul Ramadhan (22), mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri di Pekanbaru.   Tarmizi Kordes yang sedang KKN di Kecamatan Inuman meninggal karena terperosok di bekas lubang penambangan illegal. &n....
Rabu,29 Juli 2015 | 12:59:00 WIB

Maraton 10 Jam, Bupati Herliyan Diperiksa Terkait Dana Bansos

 Maraton 10 Jam, Bupati Herliyan Diperiksa Terkait Dana Bansos   PEKANBARU - Tersangka kasus dugaan tindak pidana korupsi dana Bantuan Sosial (Bansos) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis, Herliyan Saleh memilih untuk bungkam tidak memberikan keterangan apa pun kepada wartawan yang mengajukan pertanyaan usai ia diperiksa, Selasa (28/7/2015).   Herliyan diperiksa di Direktorat Reserse Kriminal Khusus (....
Sabtu,25 Juli 2015 | 02:21:00 WIB

Polresta Pekanbaru Bongkar Bandar Narkotika

 Polresta Pekanbaru Bongkar Bandar Narkotika Pekanbaru-Satres Narkoba Polresta Pekanbaru mengungkap bandar narkotika jenis sabu-sabu dan pil ekstasi antar provinsi, Jum'at (24/7/2015) malam. Dua orang tersangka diamankan dalam penggerbekan di Perumahan Kuantan Regency paradise 22, dengan barang bukti setengah kilogram sabu-sabu serta 500 butir pil ekstasi. Dua orang yang diamankan, Supriadi alias Adi (3....
Sabtu,25 Juli 2015 | 02:21:00 WIB

Kasus Pelecehan Seksual Imigran, Polisi Terus Kejar Pelaku

  Kasus Pelecehan Seksual Imigran, Polisi Terus Kejar Pelaku Pekanbaru-Jajaran Kepolisian Resort Kota Pekanbaru, Riau, menyelidiki dugaan pelecehan seksual yang dialami oleh imigran asal Afghanistan bernama Karar Husain (21). "Kita bersama dengan anggota Imigrasi Kota Pekanbaru terus menyelidiki dugaan pelecehan seksual yang dialami yang bersangkutan" kata Wakil Kepala Resort Kota Pekanbaru, AKBP Sugeng Putut Wicaksono kepada A....
Senin,13 Juli 2015 | 01:54:00 WIB

Waduh, Perampok di Inhu Ini Sekap Satu Keluarga dan Gondol Rp15 Juta

 Waduh, Perampok di Inhu Ini Sekap Satu Keluarga dan Gondol Rp15 Juta Peranap-Walau pihak kepolisian berhasil menembak mati gembong rampok Pentol Cs beberapa hari lalu di Indragiri Hulu. Ternyata tidak memberi efek jera bagi pelaku kejahatan ini.Buktinya kawanan perampok bersenjata api kembali beraksi  di Kelurahan Peranap, Kecamatan Peranap, Inhu, Sabtu (11/7/2015) kemarin sekitar pukul 18.45 WIB.   Informasi yang berhasil....
Rabu,05 Agustus 2015 - 10:55:00 WIB

Tenang, Stok Beras Riau Cukup Meski Musim Kemarau

Rabu,05 Agustus 2015 - 10:51:00 WIB

Warga Riau Lega Kondisi Udara Mulai Sehat

Rabu,05 Agustus 2015 - 10:47:00 WIB

Ini Dia Bahayanya Bila Lari Pakai Jaket

Rabu,05 Agustus 2015 - 10:47:00 WIB

Asik, Delapan Kecamatan di Rohil Terima Bantuan PKH

Senin,03 Agustus 2015 - 12:30:00 WIB

Kekeringan di Riau Hingga Akhir Agustus

Senin,03 Agustus 2015 - 12:28:00 WIB

Gawat, Hingga Kini Sudah 1.264 Ha Lahan Terbakar di Riau

Senin,03 Agustus 2015 - 12:27:00 WIB

Innalilahi, Dua Mahasiswa UIN Meninggal saat KKN

Senin,03 Agustus 2015 - 12:26:00 WIB

Balon Pilkada Serentak Dianggap Gugur

Senin,03 Agustus 2015 - 12:25:00 WIB

Asik, Bentar Lagi Tarif Internet akan Diatur Pemerintah

Senin,03 Agustus 2015 - 12:24:00 WIB

Ini Dia Jurus Menghindari Serangan Asap di Riau