Edited by Rohil Online Media
Hot News››

Kilang Minyak Pertamina Dumai Terbakar

Selasa,26 November 2013 | 12:58:00
Kilang Minyak Pertamina Dumai Terbakar
Ket Foto : ilustrasi
DUMAI - Kilang minyak milik PT Pertamina RU II Dumai di Jalan Putri Tujuh Kecamatan Dumai, terbakar, Minggu (24/11/2013) malam. Tak ada korban jiwa dalam insiden ini, namun tiga pekerja dikabarkan menderita luka bakar. 
 
Sejauh ini, Public Relation Section Head PT Pertamina RU II Dumai, Yefrizon, belum mau berkomentar banyak soal insiden ini. Dia tak mau menyebutkan kejadian rinci maupun besarnya kerugian. "Tunggu saja rilis dari kami, sebentar lagi kami akan mengeluarkan rilis terkait insiden terbakarnya kilang pertamina biar beritanya seragam," kata Yefrizon.
 
Ketika disinggung adanya korban jiwa tewas, Yefrizon membantahnya. Dia menyebutkan kebakaran itu hanya insiden kecil saja. "Tidak ada yang meninggal, hanya 3 orang jadi korban kebakaran," katanya.
 
Para pekerja itu, lanjutnya, lansung dilarikan ke rumah sakit. Namun, dia enggan menyebutkan nama rumah sakit itu. "Dua pekerja suda keluar dari rumah sakit, satu mau diperiksa," jawabnya.
 
Kejadian ini juga dibenarkan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Dumai, Amiruddin. Dia mengaku mendapatkan secara lisan. "Secara lisan saya sudah mendapat kan informasi terbakarnya kilang pertamina dari bagian humas Pertamina RU II Dumai, namun secara resmi atau tertulis belum, dan Disnaker akan menunggu laporan tersebut," jelas Amiruddin.
 
Terkait penyebab kebakaran, Amiruddin mengaku belum mengetahuinya. "Karena belum menerima laporan tertulis, saya belum tau apa yang terbakar dan penyebab kebakaran itu. Kami masih menunggu laporan dari Pertamina RU II," akunya.
 
Terkait adanya korban luka bakar atas insiden tersebut, Amiruddin mengaku sudah melihatnya di rumah sakit. "Akibat kebakaran itu, tiga orang pekerja di kilang Pertamina mengalami luka bakar dan  langsung dilarikan ke RSUD Dumai. Saya sudah melihatnya dan mereka mengalami luka bakar ringan," katanya.
 
Sementara itu, Kapolres Dumai AKBP Yudi Kurniawan yang dihubungi melalui Kasat Reskrim, AKP Wisnu Widodo, mengaku belum menerima laporan insiden itu. "Kita belum menerima laporan soal kebakaran itu. Saya malah tau dari rekan-rekan media yang melakukan konfirmasi. Kalau sudah ada laporan masuk dari perusahaan itu, kita akan tindaklanjuti," kata Wisnu melalui telpon selulernya seperti dilansir dari riauterkini.com.
 
Dikatakan dia, jika ada korban jiwa, maka pihaknya akan menurunkan tim untuk melakukan olah tempat kejadian perkara. Karena, sudah menyakut hilangnya nyawa manusia. "Kalau memang benar ada korban jiwa pasti kita tindaklanjuti. Sebab ini menyakut tewasnya seseorang dalam melaksanakan pekerjaan di area perusahaan," jelas Wisnu Wibowo.
 
Di tempat terpisah, Ketua DPRD Dumai, Zainal Effendi, mengaku prihatin dengan insiden ini. Pasalnya, kejadian ini adalah yang ketiga kalinya dalam lima tahun terakhir. "Ini sudah ketiga kalinya lho, kok perusahaan sebesar Pertamina tidak membenahi sistem ini," ucap Zainal. 
 
Dikatakan Zainal Effendi, kilang minyak Pertamina itu merupakan objek vital dan perlu adanya penjagaan serius. Sebab, objek vital itu sangat rentan dengan musibah. "Pertamina jangan mencari untung saja. Perhatikan juga keamanan kilang minyak itu. Saya jadi khawatir dengan kondisi keselamatan ribuan pekerja di dalam area kilang itu. Apalagi sering terbakar seperti ini," ujar Zainal seperti dilansir riauterkini.com.
 
Zainal menyarankan PT Pertamina RU II Dumai menerapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) sebagaimana mestinya, sehingga kejadian seperti ini tidak terulang kembali. Dia juga meminta Disnakertrans Dumai menyelidiki kejadian ini. Bila ditemukan kelalaian sehingga mengancam keselamatan pekerja, Zainal minta BUMN itu ditindak tegas. 
 
"Disnaker harus menindak tegas perusahaan BUMN tersebut. Kejadian ini sudah ketiga kalinya. Jangan masalah ini dibiarkan begitu saja. Karena ini menyangkut keselamatan pekerja dan orang di area kilang minyak tersebut," pungka Zainal Effendi. (rep1) 
 
Tulis Komentar
Baca Berita Lainnya
Rabu,26 Agustus 2015 | 10:15:00 WIB

Bahkan Andai Indonesia Bersih, KPK Harus Tetap Ada

 Bahkan Andai Indonesia Bersih, KPK Harus Tetap Ada JAKARTA - Sekretaris Jenderal Transparency International Indonesia (TII) Dadang Trisasongko menyatakan keberadaan Komisi Pemberantasan Korupsi harus diperkuat karena negara yang bersih pun memerlukan badan antikorupsi.   "Korupsi itu kejahatan dan juga fenomena sistem pemerintahan. Kondisinya akan naik turun bila tidak dijaga dan diberantas secara konsist....
Selasa,25 Agustus 2015 | 12:32:00 WIB

Wow, Capim KPK Ini Ngaku Hanya Miliki Kekayaan Rp 20 Juta

 Wow, Capim KPK Ini Ngaku Hanya Miliki Kekayaan Rp 20 Juta Jakarta-Pansel KPK Harkristuti Harkrisnowo menanyakan harta kekayaan yang dimiliki oleh calon pimpinan KPK Agus Rahardjo dalam wawancara terbuka di gedung Sekretariat Negara. Ia mengaku menerima laporan bahwa Agus belum melaporkan seluruh harta kekayaannya.   Menjawab pertanyaan tersebut, mantan kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) ....
Sabtu,22 Agustus 2015 | 06:38:00 WIB

ISIS Musnahkan Biara Kristen Kuno di Suriah

ISIS Musnahkan Biara Kristen Kuno di Suriah Homs - Kelompok yang menamakan diri negara Islam atau ISIS menghancurkan biara kuno Kristen di Provinsi Homs di barat laut Suriah.   Kelompok Pengamat Hak Asasi Manusia Suriah yang berpusat di Inggris mengatakan bangunan dari abad ke-5 Masehi itu diratakan dengan buldoser di kota Qaryatain, yang dikuasai oleh ISIS awal bulan lalu.   ....
Jumat,21 Agustus 2015 | 01:16:00 WIB

Sadis, Perampok Ini Tembak Suami Isteri Korbannya

 Sadis, Perampok Ini Tembak Suami Isteri Korbannya Pekanbaru-Aksi perampokan dengan menggunakan senjata api kembali terjadi di wilayah hukum Polres Indragiri Hulu (Inhu). Kali ini pelaku beraksi di dua TKP di Kecamatan Peranap, Kamis (20/8/2015) dini hari. Sadisnya, pelaku menembak sepasang suami isteri dan melarikan uang tunai puluhan juta rupiah.   Informasi yang berhasil dihimpun di Mapolda Riau, awalnya pe....
Jumat,21 Agustus 2015 | 01:11:00 WIB

Dua orang Tersangka Pengebom di Bangkok Menyerahkan Diri

 Dua orang Tersangka Pengebom di Bangkok Menyerahkan Diri Bangkok-Dua orang yang diidentifikasi sebagai tersangka dalam pengeboman Bangkok, Thailand, telah menyerahkan diri ke polisi.   "Namun,  dua orang yang menyerahkan diri ke kepolisian ini bersikeras mereka adalah pemandu wisata," ujar pejabat berwenang Thailand seperti dikutip BBC, Kamis (20/8).   Keduanya ini terli....
Kamis,27 Agustus 2015 - 02:02:00 WIB

Sekdaprov: Saya Yakin Serapan APBD 2015 capai 80 persen

Kamis,27 Agustus 2015 - 02:01:00 WIB

Liga Champions: MU Terhindar dari Real Madrid

Kamis,27 Agustus 2015 - 02:01:00 WIB

Nakhodai MUI 2015-2020 Dipegang KH Ma'ruf Amin

Rabu,26 Agustus 2015 - 10:16:00 WIB

Kisah Arsenal dan Benzema Sudah Tamat

Rabu,26 Agustus 2015 - 10:15:00 WIB

Bahkan Andai Indonesia Bersih, KPK Harus Tetap Ada