Edited by Rohil Online Media
Hot News››

Kilang Minyak Pertamina Dumai Terbakar

Selasa,26 November 2013 | 12:58:00
Kilang Minyak Pertamina Dumai Terbakar
Ket Foto : ilustrasi
DUMAI - Kilang minyak milik PT Pertamina RU II Dumai di Jalan Putri Tujuh Kecamatan Dumai, terbakar, Minggu (24/11/2013) malam. Tak ada korban jiwa dalam insiden ini, namun tiga pekerja dikabarkan menderita luka bakar. 
 
Sejauh ini, Public Relation Section Head PT Pertamina RU II Dumai, Yefrizon, belum mau berkomentar banyak soal insiden ini. Dia tak mau menyebutkan kejadian rinci maupun besarnya kerugian. "Tunggu saja rilis dari kami, sebentar lagi kami akan mengeluarkan rilis terkait insiden terbakarnya kilang pertamina biar beritanya seragam," kata Yefrizon.
 
Ketika disinggung adanya korban jiwa tewas, Yefrizon membantahnya. Dia menyebutkan kebakaran itu hanya insiden kecil saja. "Tidak ada yang meninggal, hanya 3 orang jadi korban kebakaran," katanya.
 
Para pekerja itu, lanjutnya, lansung dilarikan ke rumah sakit. Namun, dia enggan menyebutkan nama rumah sakit itu. "Dua pekerja suda keluar dari rumah sakit, satu mau diperiksa," jawabnya.
 
Kejadian ini juga dibenarkan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Dumai, Amiruddin. Dia mengaku mendapatkan secara lisan. "Secara lisan saya sudah mendapat kan informasi terbakarnya kilang pertamina dari bagian humas Pertamina RU II Dumai, namun secara resmi atau tertulis belum, dan Disnaker akan menunggu laporan tersebut," jelas Amiruddin.
 
Terkait penyebab kebakaran, Amiruddin mengaku belum mengetahuinya. "Karena belum menerima laporan tertulis, saya belum tau apa yang terbakar dan penyebab kebakaran itu. Kami masih menunggu laporan dari Pertamina RU II," akunya.
 
Terkait adanya korban luka bakar atas insiden tersebut, Amiruddin mengaku sudah melihatnya di rumah sakit. "Akibat kebakaran itu, tiga orang pekerja di kilang Pertamina mengalami luka bakar dan  langsung dilarikan ke RSUD Dumai. Saya sudah melihatnya dan mereka mengalami luka bakar ringan," katanya.
 
Sementara itu, Kapolres Dumai AKBP Yudi Kurniawan yang dihubungi melalui Kasat Reskrim, AKP Wisnu Widodo, mengaku belum menerima laporan insiden itu. "Kita belum menerima laporan soal kebakaran itu. Saya malah tau dari rekan-rekan media yang melakukan konfirmasi. Kalau sudah ada laporan masuk dari perusahaan itu, kita akan tindaklanjuti," kata Wisnu melalui telpon selulernya seperti dilansir dari riauterkini.com.
 
Dikatakan dia, jika ada korban jiwa, maka pihaknya akan menurunkan tim untuk melakukan olah tempat kejadian perkara. Karena, sudah menyakut hilangnya nyawa manusia. "Kalau memang benar ada korban jiwa pasti kita tindaklanjuti. Sebab ini menyakut tewasnya seseorang dalam melaksanakan pekerjaan di area perusahaan," jelas Wisnu Wibowo.
 
Di tempat terpisah, Ketua DPRD Dumai, Zainal Effendi, mengaku prihatin dengan insiden ini. Pasalnya, kejadian ini adalah yang ketiga kalinya dalam lima tahun terakhir. "Ini sudah ketiga kalinya lho, kok perusahaan sebesar Pertamina tidak membenahi sistem ini," ucap Zainal. 
 
Dikatakan Zainal Effendi, kilang minyak Pertamina itu merupakan objek vital dan perlu adanya penjagaan serius. Sebab, objek vital itu sangat rentan dengan musibah. "Pertamina jangan mencari untung saja. Perhatikan juga keamanan kilang minyak itu. Saya jadi khawatir dengan kondisi keselamatan ribuan pekerja di dalam area kilang itu. Apalagi sering terbakar seperti ini," ujar Zainal seperti dilansir riauterkini.com.
 
Zainal menyarankan PT Pertamina RU II Dumai menerapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) sebagaimana mestinya, sehingga kejadian seperti ini tidak terulang kembali. Dia juga meminta Disnakertrans Dumai menyelidiki kejadian ini. Bila ditemukan kelalaian sehingga mengancam keselamatan pekerja, Zainal minta BUMN itu ditindak tegas. 
 
"Disnaker harus menindak tegas perusahaan BUMN tersebut. Kejadian ini sudah ketiga kalinya. Jangan masalah ini dibiarkan begitu saja. Karena ini menyangkut keselamatan pekerja dan orang di area kilang minyak tersebut," pungka Zainal Effendi. (rep1) 
 
Tulis Komentar
Baca Berita Lainnya
Kamis,20 November 2014 | 05:36:00 WIB

Wow, Ratu Kecantikan Honduras Dibunuh Kekasih Adik Sendiri

 Wow, Ratu Kecantikan Honduras Dibunuh Kekasih Adik Sendiri Honduras-Kekasih adik ratu kecantikan Honduras akhirnya mengaku telah membunuh Maria Jose Alvarado dan adiknya Sofia Trinidad yang hilang sepekan lalu. Sang ratu kecantikan, Maria Jose Alvarado, hilang beberapa hari menjelang keberangkatannya menuju London untuk tampil dalam ajang Miss World 2014.   Kepolisian Honduras mengatakan, Plutarco Ruiz, kekasih Sofia,....
Kamis,20 November 2014 | 05:00:00 WIB

Ini Instruksi Jokowi Soal Tentara-Polisi Bentrok di Batam

 Ini Instruksi Jokowi Soal Tentara-Polisi Bentrok di Batam Jakarta-Presiden Joko Widodo sudah mendapatkan laporan soal bentrok antara tentara dan polisi di Batam dari Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Tedjo Edhy Purdijatno. Jokowi memerintahkan agar kedua institusi memberikan solusi konkret yang bersifat permanen pada 2-3 hari mendatang.   "Presiden meminta solusi permanennya seperti apa. Ini lagi ....
Selasa,18 November 2014 | 04:31:00 WIB

Edi Palembang Diminta Menyerahkan Diri ke Polisi

Edi Palembang Diminta Menyerahkan Diri ke Polisi Pekanbaru-Pelaku pembunuh aparat kepolisian, anggota Reskrim, Polsek Senapelan, Pekanbaru, Provinsi Riau,  Edi Palembang, yang kini buronan diminta menyerahkan diri secara baik kepada polisi, demi kebaikan bersama. "Itu baik buat dia," kata Kapolresta Pekanbaru,  Kom­bes Pol. Robet Harinto, di Pekanbaru, Minggu. Menurut dia, saat ini pihak....
Selasa,18 November 2014 | 04:28:00 WIB

Polisi Selidiki Tangki CPO Dumai Tumbang

  Polisi Selidiki Tangki CPO Dumai Tumbang Pekanbaru-Aparat Kepolisian Resor Kota Dumai, Riau menyelidiki tumbangnya enam unit tangki yang dua di antaranya berisikan minyak Palm Kernel Oil (PKO) dan 3.000 ton air milik PT Inti Benua Perkasatama di Kelurahan Lubuk Gaung, Kecamatan Sungai Sembilan. "Kejadiannya Sabtu (15/11) pukul 23.30 WIB. Kebocoran tangki diduga akibat ambruknya salah satu pondasi tangki hingga me....
Senin,17 November 2014 | 01:01:00 WIB

Baru Dibentuk, Ini 4 Tugas Utama Tim Pemberantas Mafia Migas

Baru Dibentuk, Ini 4 Tugas Utama Tim Pemberantas Mafia Migas Jakarta-Pemerintah telah membentuk im khusus untuk memberantas mafia migas, Komite Reformasi Tata Kelola Migas. Tim ini dipimpin oleh Faisal Basri.   Menteri ESDM Sudirman Said menjelaskan, tugas pokok komite ini adalah, pertama, mengkaji seluruh kebijakan dan aturan main tata kelola migas dari hulu hingga hilir yang memberi peluang mafia migas beroperasi seca....
Senin,24 November 2014 - 01:11:00 WIB

Luar Biasa-Hamilton Juara Dunia F1 2014

Senin,24 November 2014 - 01:11:00 WIB

Tak Mau Kalah, Malaysia Juga Naikkan Harga BBM

Senin,24 November 2014 - 01:10:00 WIB

Filipina Sangat Bernafsu Hancurkan Indonesia

Senin,24 November 2014 - 01:10:00 WIB

Plt. Gubri: Jokowi akan Blusukan Pasar Bawah Pekanbaru

Senin,24 November 2014 - 01:10:00 WIB

Hari Ini Koalisi Prabowo Tanda Tangan Interpelasi BBM

Senin,24 November 2014 - 01:10:00 WIB

Liverpool Dibombardir Crystal Palace Tiga Gol

Senin,24 November 2014 - 01:09:00 WIB

Ahsan/Hendra Sukses Persembahkan Gelar Juara

Senin,24 November 2014 - 01:09:00 WIB

Sebar Bantuan Sosial, Jokowi Disindir Layaknya Sinterklas

Senin,24 November 2014 - 01:04:00 WIB

Desember, Nasib Kurikulum 2013 Ditentukan