Warga Sinaboi Gunakan Sampan Mesin
Edited by Rohil Online Media
Hot News››

Banjir Buntuhkan Jalan Lintas

Warga Sinaboi Gunakan Sampan Mesin

Jumat,15 November 2013 | 12:56:00
Warga Sinaboi Gunakan Sampan Mesin
Ket Foto : BANJIR - SD 028 Bagan Hulu, Bagansiapiapi, Rohil belakangan ini kebanjiran. Proses belajar mengajar tetap dilakukan. (rep1)
BAGANSIAPIAPI - Jalan lintas sepanjang sekitar enam kilometer dari Jembatan Sinaboi menuju Kepenghuluan Darussalam, Kecamatan Sinaboi, kondisinya sulit dilintasi kendaraan terlebih setelah mendapat guyuran hujan deras. Alhasil, masyarakat yang berada di daerah Telukdalam maupun Darusalam melakukan aktivitas rutin menelusuri keluar masuk  kanal menggunakan sampan mesin.
 
Kondisi jalan lintas tersebut dari jembatan hingga berjarak sekitar tiga kilometer, bodi jalannya sudah ditimbun tanah kuning. Sedangkan sebagiannya lagi masih merupakan tanah liat. Sehingga, saat kondisi jalan basah ketika diguyur hujan, sangat sulit dilontasi kendaraan roda empat maupun roda dua. 
 
"Maklumlah pak, kondisi jalannya masih jalan tanah. Kalau sudah diguyur hujan, sulit dilintasi kendaraan. Sebab, lumpur dan tanahnya lengket di kendaraan sehingga sulit untuk dikendalikan," kata Slamet (40) warga Darussalam.
 
Sulitanya melintasi jalan lintas itu, timpal Ijul (38), biasanya tidak berlangsung lama. "Memang saat musim penghujan seperti itu. Jalannya sulit dilintasi. Tapi, kalau cuaca panas, jalan masih bisa dilintasi. Terus terang saja, dengan tersedianya bodi jalan seperti ini, daerah kita menjadi lebih terbuka. Waktu belum ada bodi jalan, kita sulit untuk keluar masuk," kata Ijul.
 
Kendati jalan lintas yang menjadi jalan tembus yang menghubungkan Sinaboi dengan Dumai sulit dilintasi kendaraan terutama di musim penghujan, namun aktivitas keluar masuk dapat ditempuh melalui jalur angkutan sungai. Biaya jasa angkutan sungai tersebut sangat tergantung jauh dekatnya daerah yang dituju oleh masyarakat. 
"Untuk satu sampan ini, minimal diisi oleh lima penumpang. Biayanya dari jembatan sampai ke Teluk Dalam bisa mencapai Rp200 ribu," kata Kardi (44) salah seorang tekong sampan mesin.
 
Sementara, potensi yang dimiliki di Kepenghuluan Darussalam umum sektor perkebunan kelapa sawit dan pertanian tanaman pangan. Jenis padi yang ditanam yakni jenis segudang. "Jadi, kalau jalan tidak bisa dilintasi kendaraan, hasil panen berupa padi dan sawit, dilansir menggunakan sampan mesin. Setelah itu, baru diangkut ke kendaraan yang sudah menunggu di jembatan," kata Kardi.
 
Camat Sinaboi, Basri yang ditemui Riau Pos kemarin tidak menafikan hal tersebut. "Kalau musim hujan kondisinya memang seperti itu. Jalan lintas itu sulit dilintasi kendaraan. Meskipuu begitu, untuk ke daerah-daerah di Darussalam, kita masih bisa menggunakan sampan mesin. Hanya saja, untuk satu sampan mesin, jumlah penumpangnya terbatas," kata Basri. (rep1)
Tulis Komentar
Baca Berita Lainnya
Selasa,07 November 2017 | 10:53:00 WIB

Pemkab Rohil Fokus Sejahterakan Nelayan Lewat Budidaya Ikan dan Tambak Kerang

Pemkab Rohil Fokus Sejahterakan Nelayan Lewat Budidaya Ikan dan Tambak Kerang BAGANSIAPIAPI - rohilonline.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil) melalui dinas perikanan (Diskan) berupaya dengan maksimal untuk mensejahterakan kehidupan para nelayan. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan pengembangan perikanan program budidaya dan tambak kerang. Hal ini terbukti dengan adanya unit pengembangan atau balai benih ikan yang salah satun....
Rabu,15 November 2017 | 10:31:00 WIB

Bawaslu Bacakan Nasib 10 Parpol Tak Lolos KPU Pukul 15.30 Wib Siang Ini

Bawaslu Bacakan Nasib 10 Parpol Tak Lolos KPU Pukul 15.30 Wib Siang Ini JAKARTA - Persidangan sengketa pendaftaran dan verifikasi partai politik di Badan Pengawas Pemilu memasuki tahap akhir. Majelis Pemeriksa Bawaslu akan membacakan hasil putusan persidangan yang telah berjalan sejak 2 November 2017 itu pada Rabu, 15 November 2017. Anggota Bawaslu Ratna Dewi Pettalolo menyampaikan agenda pembacaan putusan itu seusai persidangan dengan agenda mende....
Senin,16 Oktober 2017 | 11:33:00 WIB

Kantor Camat di Rohil dibangun Megah dan Permanen

Kantor Camat di Rohil dibangun Megah dan Permanen ADVERTORIAL PEMBANGUNAN ROHIL BAGANSIAPIAPI – rohilonline.com - Salah satu kebutuhan penting dalam menjalankan roda pemerintahan, perlunya infratstruktur dan pembangunan pemerintah. Pembangunannya sesuai kebutuhan dan ketersediaan anggaran. pembangunan di bangun mulai dari tingkat Kabupaten sampai tingkat kepenghuluan/kelurahan. pembangunan pemerintahan dijadi....
Senin,09 Oktober 2017 | 11:20:00 WIB

2019, Pelayanan Air Minum di Rohil Akan Sergera Terpenuhi

2019, Pelayanan Air Minum di Rohil Akan Sergera Terpenuhi ADVERTORIAL PEMBANGUNAN ROHIL BAGANSIAPIAPI – rohilonline.com - Penyelenggaraan pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Dumai, Rokan Hilir, Bengkalis (Durolis) adalah upaya Pemerintah Provinsi Riau bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan ketiga Pemerintah Kabupaten/Kota yakni Kota Du....
Senin,25 September 2017 | 04:53:00 WIB

Pilgubri 2018, Andi Rachman terang-terangan Ingin Berpasangan Dengan Bupati Rohil

 Pilgubri 2018, Andi Rachman terang-terangan Ingin Berpasangan Dengan Bupati Rohil PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri), Arsyadjuliandi Rachman yang juga akan ikut dalam Pilkada Riau 2018 mengaku kagum dengan sosok Bupati Rokan Hilir (Rohil), Suyatno. Bahkan beliau menyampaikan akan mengajak Suyatno untuk mendampinginya nanti maju di Pilgubri 2018. "Kalau melihat Bupati Rohil tadi menyampaikan sambutan, beliau cocok menjadi wakil saya di Pilgubri 2018 nanti....