Edited by Rohil Online Media
Hot News››

Dengan Biaya Rp350 Ribu, Wisatawan Bisa Nikmati Panaroma Alam Pulau Jemur

Rabu,16 November 2016 | 02:53:00
Dengan Biaya Rp350 Ribu, Wisatawan Bisa Nikmati Panaroma Alam Pulau Jemur
Ket Foto :

ADVERTORIAL ROHIL

BAGANSIAPIAPI - Transposrtasi menuju Pulau Jemur, Kecamatan Pasir Limau Kapas (Palika), Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) saat ini terus dipersiapkan. Pemkab Rohil sudah memutuskan bersama pihak ketiga pemilik kapal tarif ongkos kepulau itu sebesar Rp350 ribu perorang.

Demikian diungkapkan Plt Sekda Rohil, Drs H Surya Arfan Msi, di Bagansiapiapi. "Eksotis Pulau Jemur menjadi wisata Bahari andalan kita, jadi memang Desember ini akan dilaunching dan masyarakat yang mau kesana sudah kita sediakan transportasinya," katanya.

Disebutkan, saat ini banyak sekali pesona yang ditawarkan oleh salah satu gugusan Kepulaan Arwah ini,  diantaranya Berenang di bibir pantai, menyaksikan Penyu Bertelur, Melihat Tukik (Anak Penyu Hijau). Kemudian pemkab juga menyiapkan sebanyak 5 unit Boat untuk digunakan memancing oleh para wisatawan yang beekunjung kepulau tersebut.

Secara bertahap berbagai fasilitas akan dilengkapi, bahkan jika memungkinkan untuk menginap juga akan kita siapkan. "Mess yang dibangun berbentuk kamar sudah ada, hanya saja perlu perbaikan karena sudah lama tidak ditempati," Ujar Surya Arfan.

Diterangkan kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) rohil itu, Pulau Jemur terletak didekat Selat Malaka yang memiliki pemandangan yang memang menawan, namun jika anda pergi kesana harus siap Handphone tidak akan berdering karena memang belum ada jaringan. "Kita juga tengah upayakan ini untuk provider penyedia layanan yang mau membuat Tower dan kita akan siapkan lahannya," katanya.

Pulau Jemur terdapat Pos Navigasi, Pos Al serta Mess Pemda, didalamnya juga terdapat bangunan tua masa Penjajahan Belanda serta Makam Prajurit Trikora. warna pasirnya khas berwaran putih disepanjang pantai. Namun harus berhati-hati saat berenang karena banyak bebatuan kapur di bibir pantai.

Berbeda dengan Pulau Labuhan Bilik diseberang Pulau Jemur, disana kita akan melihat Pos dari Diskanlut Rohil, disini warna pasirnya berwarna putih. Selain itu juga terdapat sebuah sumur air tawar yang sangat jernih.

Masih banyak pulau-pulau lainnya di dekat Selat Malaka ini, diantarnya Pulau Batu Mandi yang terdapat Mercusuar yang dibanguan pemerintah, hanya saja pulaunya kecil dan sangat tidak mungkin dikunjungi karena sulit kapal bisa merapat karena banyaknya batu kapur.

Selain tiga pulau itu juga terdapat pulau kecil lainnya seperti Pulau Pertandangan, Pulau Batu Adang, Pulau Batu Berlayar, Pulau Tokong Mas, Pulau Tokong Simbang dan Pulau Tokong Pucung

"Di Pulau Labuhan Bilik ini banyak pohon rindang, namun harus hati-hati karena banyak ular di pepohohan sehingga tidak dibenarkan untuk duduk diatas pohon yang berada didekat pantai," tukas Surya.

*Apa itu Pulau Jemur

Nama Pulau Jemur lekat dengan istilah ‘Pak-ku’ yang dalam bahasa Hokkian berarti penyu dari utara. Istilah ‘Pak-ku’ hingga kini masih sering digunakan oleh para nelayan pesisir Riau. Pulau Jemur terletak lebih kurang 45 mil dari Ibukota Kabupaten Rokan Hilir, Bagansiapiapi, dan 45 mil dari Negara Tetangga yakni, Malaysia, dan Provinsi Sumatera Utara merupakan Provinsi yang terdekat dari Pulau Jemur. Pulau Jemur sebenarnya merupakan gugusan pulau-pulau yang terdiri dari beberapa buah pulau antara lain, Pulau Tekong Emas, Pulau Tekong Simbang, Pulau Labuhan Bilik serta pulau-pulau kecil lainnya.

Pulau Jemur adalah salah satu Objek Wisata di Sumatera tepatnya di Kabupaten Rokan Hilir. Meski Objek Wisata ini tidak begitu populer di Sumatera, tapi keindahan alam di Pulau ini tidak bisa di anggap sepele. Pulau Jemur memiliki Pemandangan dan Panorama alam yang indah, selain itu Pulau Jemur ini amat kaya dengan hasil lautnya, di samping iti Pulau Jemur dihuni oleh Spesies Penyu, dimana pada musim tertentu penyu-penyu itu naik ke pantai untuk bertelur satwa langka ini dapat bertelur sebanyak 100 sampai 150 butir setiap ekornya. Selain itu Pulau Jemur juga terdapat beberapa potensi wisata lain diantaranya adalah Goa Jepang, Menara Suar, bekas tapak kaki manusia, perigi tulang, sisa-sisa pertahanan Jepang, batu Panglima Layar, Taman Laut, dan pantai berpasir kuning emas.

Bila dilihat dari potensi, letak dan posisi Pulau Jemur sangat cocok di kembangkan menjadi kawasan Resort, dimana berbagai kegiatan wisata sangat banyak untuk dapat dikembangkan di Pulau Jemur ini, diantaranya, berselancar, menyelam, dayung an sebagainya.

dalam menjaga kelestarian pulau jemur tersebut, Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) dengan komit untuk membenah pulau jemur yang terletak di Kecamatan Pasir Limau Kapas, Hal ini sebagai upaya untuk menjadikan pulau jemur tersebut sebagai tempat wisata yang andalan. dan secara bertahap membangun pulau yang menyerupai pemandangan pulau dewata, propinsi Bali itu tengah dibenahi secara bertahap.

"Gugusan pulau jemur saat ini tengah kita benahi untuk dijadikan sebagai tempat wisata andalan negeri seribu kubah, karena pulau jemur ini salah satu aset yang kita miliki dan sangat diyakini nantinya mampu meningkatkan Pendapatan Asil Daerah (PAD) disektor kepariwisataan,"kata Bupati Rohil, H Suyatno Amp, belum lama ini di Bagansiapiapi.

Pulau yang terletak diselat melaka dan berbatasan langsung dengan Por klang, Malaysia itu sejauh ini sudah banyak dikunjungi oleh wisatawan maupun masyarakat tempatan karena keindahannya. Nah, keindahan pulau ini tentunya harus kita lestarikan dan dijaga oleh semua pihak agar tidak dicaplok oleh pihak luar.

"untuk menjaga Pulau ini tentunya tidak hanya dibebankan kepada TNI, Polri mapun pihak terkait lainnya, akan tetapi pulau ini juga tanggungjawab kita bersama untuk menjaganya, termasuk masyarakat Rohil, "tutur Suyatno.

Agar pulau jemur itu bisa diketahui dan dikenal oleh masyarakat luar Rohil, dirinya mengajak masyarakat untuk ikut mempromosikannya lewat jejaring sosial berupa Face Book (FB) maupun melalui sanak famili yang berdomisili diluar rohil. "kalau fasilitas, sarana dan prasarana dipulau jemur telah mulai kita lengkapi secara bertahap. saat ini dipulau itu telah ada dermaga terapung, penginapan dan lain sebagainya, "ujar suyatno.

Dilanjutkan, Tahun ini pemkab rohil juga akan memprogramkan pembangunan tower telekomunikasi dan air bersih dipulau jemur. karena dipulau itu sangat susah melakukan komunikasi dan kebutuhan air bersih. Sementara penerangan listrik dipulau itu telah ada listrik solar Selt. "yang penting adalah tower telekomunikasi dan air bersih, makanya tahun ini akan kita programkan pembangunannya, "janjinya.

Selain membenahi pulau jemur itu melalui dana APBD secara bertahap, pemkab rohil katanya juga membuka peluang bagi investor yang berminat untuk menanamkan modalnya untuk pulau tersebut. "jika investor berkeinginan, Pulau itu juga bisa dibangun kereta gantung yang menghubungkan pulau satu kepulau lainnya, karena pulau jemur memiliki 9 pulau, "pungkasnya.(adv/hms/hen)

Tulis Komentar
Baca Berita Lainnya
Selasa,07 November 2017 | 10:53:00 WIB

Pemkab Rohil Fokus Sejahterakan Nelayan Lewat Budidaya Ikan dan Tambak Kerang

Pemkab Rohil Fokus Sejahterakan Nelayan Lewat Budidaya Ikan dan Tambak Kerang BAGANSIAPIAPI - rohilonline.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil) melalui dinas perikanan (Diskan) berupaya dengan maksimal untuk mensejahterakan kehidupan para nelayan. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan pengembangan perikanan program budidaya dan tambak kerang. Hal ini terbukti dengan adanya unit pengembangan atau balai benih ikan yang salah satun....
Rabu,15 November 2017 | 10:31:00 WIB

Bawaslu Bacakan Nasib 10 Parpol Tak Lolos KPU Pukul 15.30 Wib Siang Ini

Bawaslu Bacakan Nasib 10 Parpol Tak Lolos KPU Pukul 15.30 Wib Siang Ini JAKARTA - Persidangan sengketa pendaftaran dan verifikasi partai politik di Badan Pengawas Pemilu memasuki tahap akhir. Majelis Pemeriksa Bawaslu akan membacakan hasil putusan persidangan yang telah berjalan sejak 2 November 2017 itu pada Rabu, 15 November 2017. Anggota Bawaslu Ratna Dewi Pettalolo menyampaikan agenda pembacaan putusan itu seusai persidangan dengan agenda mende....
Senin,16 Oktober 2017 | 11:33:00 WIB

Kantor Camat di Rohil dibangun Megah dan Permanen

Kantor Camat di Rohil dibangun Megah dan Permanen ADVERTORIAL PEMBANGUNAN ROHIL BAGANSIAPIAPI – rohilonline.com - Salah satu kebutuhan penting dalam menjalankan roda pemerintahan, perlunya infratstruktur dan pembangunan pemerintah. Pembangunannya sesuai kebutuhan dan ketersediaan anggaran. pembangunan di bangun mulai dari tingkat Kabupaten sampai tingkat kepenghuluan/kelurahan. pembangunan pemerintahan dijadi....
Senin,09 Oktober 2017 | 11:20:00 WIB

2019, Pelayanan Air Minum di Rohil Akan Sergera Terpenuhi

2019, Pelayanan Air Minum di Rohil Akan Sergera Terpenuhi ADVERTORIAL PEMBANGUNAN ROHIL BAGANSIAPIAPI – rohilonline.com - Penyelenggaraan pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Dumai, Rokan Hilir, Bengkalis (Durolis) adalah upaya Pemerintah Provinsi Riau bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan ketiga Pemerintah Kabupaten/Kota yakni Kota Du....
Senin,25 September 2017 | 04:53:00 WIB

Pilgubri 2018, Andi Rachman terang-terangan Ingin Berpasangan Dengan Bupati Rohil

 Pilgubri 2018, Andi Rachman terang-terangan Ingin Berpasangan Dengan Bupati Rohil PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri), Arsyadjuliandi Rachman yang juga akan ikut dalam Pilkada Riau 2018 mengaku kagum dengan sosok Bupati Rokan Hilir (Rohil), Suyatno. Bahkan beliau menyampaikan akan mengajak Suyatno untuk mendampinginya nanti maju di Pilgubri 2018. "Kalau melihat Bupati Rohil tadi menyampaikan sambutan, beliau cocok menjadi wakil saya di Pilgubri 2018 nanti....